Google Translate Sudah Menggunakan Teknologi Kecerdasan Buatan

google translate

Velodrome – Google seakan tak pernah kehabisan ide untuk berinovasi dalam setiap lini produk mereka. Fitur legendaris mereka yang bernama Google Translate kini telah dikembangkan untuk bisa  menterjemahkan lebih natural, layaknya translator nyata.

Google mengembangakan kemampuan dari Google Translatenya menggunakan sebuah teknologi baru bernama Neural Machine Translator (NMT). Teknologi ini akan membuat hasil dari kalimat atau kata yang diterjemahkan menjadi lebih mudah untuk dicerna dan dipahami.

“Bahkan lebih dari itu, NMT akan menterjemahkan sebuah kalimat tidak per kata melainkan seluruh kalimat secara bersamaan dan secara otomatis teknologi ini akan secara otomatis menyusun ulang kalimatnya hingga dapat dipahami dengan baik”, ujar Barak Turovsky, Product Lead dari Google Translate.

google translate

Barak Turovsky
Image by YouTube

Sebenarnya pihak Google telah mengumumkan perihal tersebut pada bulan September 2016 yang lalu, bahwa peralihan teknologi Phrase-Based Machine Translation (PBMT) menjadi Google Neural Machine Translator (GNMT).

GNMT bisa dibilang merupakan bentuk Artificial Intelligent dalam bentuk kecil, karena GNMT memiliki kemampuan untuk mengembangkan pengetahuannya dalam segi tata bahasanya, sehingga memungkinkan bagi Google Translate untuk menterjemahkan lebih sempurna.

Baca Juga : Google Flights, Buat Program Wisata Anda Sendiri

Sang pembuat GNMT pun merasa penasaran dengan kemampuan GNMT, ia penasaran apakah GNMT mampu menterjemahkan sebuah kalimat yang memiliki kandungan dua bahasa yang berbeda.

Dan ternyata GNMT mampu melakukannya dengan baik, karena GNMT memiliki salah satu metode penterjemah bahasa yang disebut dengan Zero-Shot.

Bagaimana cara kerja dari metode Zero-Shot?

google translate

Image by YouTube

Google tengah melatih sistem tersebut untuk dapat menterjemahkan dalam format multi bahasa, yaitu menterjemahkan sebuah kalimat menjadi empat bahasa sekaligus dengan cara berurutan, contohnya kalimat dalam bahasa Indonesia – Jepang – Korea – Cina.

Jadi Bahasa asalnya akan mengalami peralihan hingga 3 kali, dengan sistem ini lah maka Google Translate dengan Teknologi GNMT mampu menterjemahkan sebuah kalimat yang memiliki beberapa campuran bahasa didalamnya.

Google Translate merupakan satu dari banyak produk milik Google yang telah dikembangkan menggunakan teknologi GNMT atau kecerdasan buatan ini. Saat ini Google tengah mempersiapkan GNMT untuk diaplikasikan pada produk lainnya seperti Googe Map.

Jadi bagaimana? Semakin luar biasa ya ide-ide Google dalam mengembangkan produk-produk yang telah mereka miliki. Kita tunggu saja, kira-kira akan seperti apa lagi produk lain dari Google yang dikembangkan untuk memudahkan manusia.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account