Hacker Cantik dan Ratu Keamanan Google, Parisa Tabriz

Velodrome – Kalau dengar kata hacker emang identik banget sama cowok. Padahal banyak hacker yang ternyata seorang wanita, salah satunya adalah hacker cantik Parisa Tabriz.

Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah sistem komputasi. Pada masa ini, istilah hacker memiliki konotasi negatif karena aksi-aksi oknum yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web, menyisipkan kode-kode virus.

Dijuluki Ratu Keamanan

Hacker Cantik dan Ratu Keamanan di Google, Parisa Tabriz

Image : http://www.telegraph.co.uk

Parisa Tabriz adalah satu diantara hacker handal. Setiap harinya Parisa yang dijuluki ‘Security Princess’ bersama dengan 30 orang tim keamanan lainnya di Eropa dan Amerika mencoba menjebol sistem keamanan Google.

Berhasil apa tidak bukan masalah, yang penting Google tidak dijebol oleh hacker selain Parisa dan timnya. Karena kalau hal tersebut terjadi, hacker cantik ini lah yang bertanggung jawab. Karena ia adalah teknisi keamanan di perusahaan internet raksasa empunya Larry Page dan Sergey Brin.

Parisa termasuk ke dalam satu diantara 250 ahli keamanan Google yang terkenal baik di dalam atau pun di luar dunia hacking. Pada tahun 2012 ia bahkan termasuk ke dalam daftar “30 orang terbaik dibawah usia 30 tahun yang namanya patut diperhitungkan dalam industri teknologi” milik majalah kenamaan Forbes.

(Baca juga : Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?)

Kepala Keamanan Google

Hacker Cantik dan Ratu Keamanan di Google, Parisa Tabriz

Image : seigradi.corriere.it

Sejak bergabung dengan Google pada tahun 2007, Parisa sudah menjadi aset penting bagi Google. Si cantik keturunan Irlandia-Polandia-Amerika ini bertugas memimpin pasuran keamanan Google Chrome agar mesin pencari tersebut menjadi mesin pencari teraman bagi penggunanya.

Setiap harinya, Parisa dan tim menemukan bug atau error pada mesin pencari yang digunakan oleh umum tersebut kemudian para hacker ini segera memperbaiki sebelum hacker lain mencoba untuk menerobos.

Tips Menjadi Hacker Handal

Wanita kelahiran tahun 1983 ini mengais pendidikannya di  University of Illinois. Disana ia mendapatkan gelar Sarjana dan Master dalam bidang ilmu komputer dengan penelitian mengenai jaringan nirkabel keamanan dan serangan terhadap privasi untuk meningkatkan teknologi.

Yang membuatnya menjadi salah satu hacker paling handal masa kini karena ia tak segan untuk berpikir secara out of the box. Ia selalu memposisikan dirinya sebagai seorang hacker jahat yang mencoba meretas celah-celah yang ada di Google.

Dari sikapnya itu lah ia kemudian bisa melihat dimana celah-celah dan apa saja langkah-langkah yang akan dilakukan oleh seorang kriminal bila ingin menembus benteng pertahanannya.

Untuk lebih lengkapnya, Parisa berbagi ilmu nya dalam acara SFHTML5, the largest Web Development Meetup in the world! simak videonya di atas.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account