Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Harga Kuota Internet di Indonesia Dibandingkan Dengan Negara Lain

Velodrome – Kasus hack yang terjadi pada Telkomsel, diduga dipicu oleh harga kuota internet seluler yang mahal. Tak ayal sang hacker pun menuliskan betapa mahalnya harga kuota internet dari raksasa telekomunikasi di Indonesia tersebut hingga ia pun kesulitan membeli makan.

Kasus ini kemudian menjadi viral dan menimbulkan pro kontra dari netizen. Ada yang mendukung pernyataan hacker tersebut, ada pula yang mengutuknya karena menurut mereka masih banyak opsi layanan seluler lain yang lebih murah.

Sebenarnya bagaimana sih posisi harga kuota internet seluler di Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain. Apakah benar kalau Indonesia memiliki harga layanan internet paling mahal dibanding dengan negara-negara lainnya?

Singapura

Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Sumber : https://www.singtel.com/personal/i/phones-plans/mobile/prepaid/data-bundles#Data Plans

Salah satu operator besar di Singapura adalah Singtel. Negara tetangga yang berada dekat dengan Kota Batam sudah menggunakan jaringan 4G di seluruh areanya. Singtel wifi area meliputi area publik dan jalur MRT. Tarif perbulan yang menjadi paket rekomendasi adalah kuota internet sebesar 5GB (24 jam) dengan harga 30 SGD = Rp 286.312.94

Malaysia

Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Sumber : https://www.celcom.com.my/personal/plans

Negara beribukota Kuala Lumpur ini hampir sama kondisi jaringannya dengan Indonesia. Di Malaysia belum semua wilayahnya mendukung jaringan 4G, jadi masih ada wilayah yang hanya support 3G bahkan EDGE. Celcom adalah salah satu layanan internet seluler tertua disana menawarkan tarif internet termurah dengan bentuk paket 4GB (2GB Weekday Internet + 2GB FREE Weekend Internet) + 50 menit + 50 SMS + Unlimited  Yonder Music dengan harga 45RM = Rp 138.187

Thailand

Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Sumber : http://www.ais.co.th/postpaid/4gmaxspeed/en/

Satu-satunya negara di Asia yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa ini juga belum semaju Singapura yang sudah mengcover wilayahnya dengan jaringan 4G. Hanya Bangkok dan Krabi yang mendukung jaringan tersebut. Penyedia layanan internet seluler AIS menawarkan berbagai paket yang termurah seharga 299 Bath = Rp 115.194.08.

Jepang

Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Sumber : https://www.nttdocomo.co.jp/english/charge/new_plan/bill_plan/plan/

Di negeri matahari terbit, untuk menggunakan layanan internet seluler diharuskan berlangganan perbulan (paskabayar). Selain itu untuk memilih paket saat registrasi pertama, untuk provider NTT Docomo misalnya, tidak ada batas Fair Usage Policy (FUP) dan kuota. Paket termurah untuk Smartphone dan Tablet diluar telefon dan sms adalah 1.700 Yen = Rp 203.646.21.

Amerika Serikat

Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Sumber : https://www.verizonwireless.com/plans/verizon-plan/

Verizon merupakan salah satu penyedia layanan internet terbesar di negeri Paman Sam. Saat ini negara adidaya tersebut di sebagian wilayahnya sudah mensupport jaringan 4G. Verizon menyediakan paket data internet dengan beragam pilihan salah satunya yang termurah adalah 2GB perbulan seharga 35 USD = Rp 599.940,00

India

Telkomsel di Hack, Harga Kuota Internet di Indonesia Mahal, Benarkah?

Sumber : http://www.airtel.in/myplan-infinity?icid=home_infinity_row_3_column_1

Airtel India merupakan penyedia layanan internet seluler terbesar di India. Sama seperti Indonesia, jaringan 4G belum mencakup seluruh kawasan di India, 3G masih menjadi pilihan untuk sebagian wilayah tersebut. Airtel India menawarkan paket internet dengan kuota 0.6 GB seharga Rs 299 = Rp 62.115.23.

Setelah melihat beragam harga kuota internet dari berbagai negara di atas, apakah harga kuota internet Indonesia masih terbilang mahal?

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account