Hobi Fotografi? Yuk Coba Bikin Foto Prewed Versi Ala-Ala

Punya hobi fotografi, tentunya punya banyak manfaatnya. Selain kita bisa meng-eksplore diri melalui berbagai teknik fotografi, angle dan view, kita juga bisa memanfaatkan hobi kita untuk menjadi maksimal. Bisa jadi berawal dari hobi jeprat-jepret sana sini, eh ternyata bisa menghasilkan duit. Atau juga karena doyan foto jalan-jalan dan eksplore Indonesia, eh ternyata di endorse oleh salah satu brand. Who knows kan?

Nah salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari hobi ini, terutama bagi pasangan yang sama-sama punya hobi yang sama adalah eksplore foto ala-ala pra wedding. Selain bisa menikmati kebersamaan bersama dengan berpiknik ria, kita juga bisa menghemat budget untuk foto prewed professional. Lumayan banget kan… Nah apalagi punya pasangan yang memang sama-sama maunya foto prewed yang natural ajah, waahh idaman banget dah.

Oke, sebelum kita melakukan sesi foto ala-ala ini, ada baiknya kita persiapkan beberapa hal dulu, supaya hasilnya maksimal.. Yuk kita cek apa saja yang perlu disiapkan:

Pertama, Yang Kudu Wajib Dipersiapkan Adalah: PASANGAN

couple-915991_960_720Ya iyalah, mau foto ala-ala prewed tapi belom ketauan siapa pasangannya yah repot juga, hehehe.. So kudu siapin dulu pasangannya, tanya dulu pasangannya memang memiliki hobi yang sama ga (sama-sama suka traveling/fotografi). Nah klo sudah menemukan pasangan dan kesamaan hobi, baru deh bisa dieksplore untuk hal berikutnya.

Kedua, Harus Punya GEAR-nya Dulu

cameraSimple sih, klo mau foto pasangan ala ala prewed, yah tentu saja kita harus punya kamera dong. Oh iyah, bedakan foto jenis ini dengan foto selfie yah, karena memang foto ini dibuat seakan-akan kita difotoin oleh seorang photografer. Jadi Kita dan pasangan benar-benar eksplore untuk ekspresi dan menjadi object foto sepenuhnya.

Nah karena kita seakan-akan difotoin oleh seorang fotografer, makanya peralatan kita harus proper, mulai dari kamera yang dirasa cukup mumpuni, sebuah tripod, dan ditambah Remote Shutter untuk kita “ngeclick” foto dari jauh. Untuk Lighting dan kawan-kawannya, saya rasa tidak perlu sekali, tapi harus diingat untuk komposisi yah memang tidak akan seprofesional fotografer yang dibayar mahal dong.

Ketiga, Hunting LOKASI Yang Okeh Punya

forest-1208296_960_720
Nah ini juga faktor pentingnya, cari lokasi yang memang cukup baik untuk kita melakukan sesi foto. Kalau Saya sih lebih suka foto dengan latar belakang pemandangan-pemandangan. Yang perlu diingat adalah coba cari lokasi wisata yang tidak terlalu penuh/crowded, karena ga mau kan pas kamu lagi foto-foto terus banyak yang lalu lalang dan ikutan ke potret, bisa bocor disana sini view findernya.

Oh iya, ini juga agak tricky sih, cari lokasi yang jangan terlalu komersil, karena biasanya kalo pengunjung ada yang bawa DSLR plus tripod seringnya dimintain duit tambahan alias dipalak oleh penjaga atau preman-preman yang ada disitu. Yah padahal kan kita niatannya mau ngirit, yang ada malah sulit.

Keempat, Cari Spot Yang Tepat Lalu Di Jepret Sekali Dulu

cámaraTujuannya adalah supaya kita ngeliat dulu tingkat keciamikan spot tersebut, rentang jarak yang bisa dijangkau oleh kamera kita, hingga komposisi dan warna yang bisa kita masukan di dalamnya. Minta juga pendapat pasangan mengenai hal ini, dijadiin bahan ngobrol santai ajah, dijamin selain hasil fotonya bisa cukup bagus, hubungan kalian juga akan semakin berkembang deh, percaya deh..

Kelima, Lakukan Beberapa Gaya Dan Ekspresi Yang Bisa Diambil Dari Beberapa Referensi

Hasil Foto Ala-Ala

Hasil Foto Ala-Ala

Ini penting, karena kadang pas udah di lokasi/spot yang bagus, kita bisa keabisan gaya karena bingung mau ngapain lagi. Nah referensi ini bisa membantu kita mengingat-ingat atau bahkan mempraktekan gaya yang ada di dalam foto itu. Inilah seni dan uniknya eksplore foto, karena kadang justru gaya dan ekspresi yang tidak kita rencanakanlah itu yang bagus.

Keenam, Posting Di Socmed Dan Minta Beberapa Pendapat Teman

Instagram-header
Setelah beberapa foto sudah diambil, coba dipilah-pilah hasil foto-fotonya yang dirasa cukup baik dan unik. Posting di Social media juga membantu untuk mendapatkan komentar dari beberapa teman. Nah yang terpenting, jangan kebanyakan uploadnya, karena bisa dibully netizen tuh (entah karena netizennya mupeng, atau enek kebanyakan kadar romantic dari foto kalian..hehehe).

So itulah tips dan trik untuk menjadikan hobi kita bermanfaat untuk membuat foto prewed versi ala-ala, silahkan dicoba dan dipraktekan sendiri. Asik banget kok hunting foto berdua pasangan, diskusi mengenai banyak hal, sambil piknik dan menikmati makan siang dibawah sinar matahari, romantis deh pokoknya.

DSC_0111

Selamat mencoba dan Happy Hunting.

Contributor
Kristian Olo Berpetualang

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account