HP Tumbangkan Lenovo di Pasar PC pada Quartal Kedua 2017

HP

Velodrome – HP Inc. berhasil mengambil alih kejayaan Lenovo Group Ltd. sebagai produsen PC nomor satu dunia pada kuartal dua di tahun 2017 ini. Data tersebut diambil dari hasil penelitian yang diungkap oleh peneliti dari Gartner Company.

Pengiriman PC ke seluruh dunia oleh Lenovo menunjukkan penurunan dalam kuartal kedua sebesar 4,3 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini terjadi lantaran kekurangan akan komponen tertentu, berdasarkan study Gartner. Sementara Hewlett Packard berhasil menumbuhkan pengirimannya lebih cepat dari pesaingnya tersebut.

Pengiriman HP meningkat sebesar 3,3 persen yaitu sebesar 12,7 juta unit. Tercatat selama lima kuartal berturut-turut, pertumbuhan year-over-year dari HP juga terus meningkat dengan 20,8 persen total pertumbuhannya. Masih menurut Gartner, HP berhasil mengalahkan posisi Lenovo yang sahamnya sekarang turun menjadi 19,9 persen.

Ron Coughlin selaku Presiden Global Personal System Hewlett Packard Inc memaparkan bahwa sesungguhnya menjadi yang nomor satu di pasar bukanlah tujuan utama dari perusahaan yang berada Palo Alto tersebut. Alih-alih meningkatkan pasar dengan mergorbankan keuntungan, HP lebih memilih untuk fokus ke segmen yang lebih menjanjikan seperti halnya gaming dan juga laptop convertible.

HP

Ron Coughlin, Presiden Global Personal System of Hewlett Packard Inc.
Image by Quartz

Sedangkan Lenovo pada pengiriman di kuartal kedua ini mengalami penurunan sebesar 8,4 persen. Hal tersebut disebabkan karena adanya harga komponen yang melambung tinggi jelas Gartner dalam laporannya. Kuartal terakhir, Lenovo dan juga HP secara efektif terikat dalam pangsa pasar.

Namun juru bicara Lenovo menyebutkan jika bisnis PC-nya terus memberikan keuntungan yang sehat dan pangsa pasar yang stabil. Perusahaan ini berfokus pada segmen yang berkembang pesat seperti halnya game dan perangkat yang bisa dilepas, katanya.

Baca Juga : OS Ubuntu Sekarang Bisa Didownload di Windows Store

Sedangkan Dell Inc. masih tetap menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 14,7 persen, sementara Apple Inc. melewati AsusTek Computer Inc. dengan pangsa pasar hampir 7 persen.

Tidak hanya Gartner saja, perusahaan riset lainnya yakni International Data Group (IDT) juga merilis data pada hari Rabu yang lalu dan menempatkan HP memiliki pangsa pasar sebesar 22,8 persen. Data dari IDT sedikit berbeda lantaran menyertakan perangkat lunak besutan Google Inc. yakni Chromebook.

Meskipun bisa dibilang masih terlalu dini untuk mengklaim kemenangan HP di pasar PC, namun perusahaan tersebut memang mendapatkan peningkatan yang signifikan dalam kuartal kedua duiatahun ini berdasarkan analis Gartner, Mikako Kitagawa.

Sumber : foxbusiness.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account