Lebih Dari 250 Kelinci Meriahkan Indonesian Rabbit Brotherhood

Lebih Dari 250 Kelinci Meriahkan Indonesian Rabbit Brotherhood

Velodrome – Pagelaran American Rabbit Breeders Association (ARBA) show Indonesian Rabbit Brotherhood pada Sabtu (8/3) lalu tak hanya menarik pada penghobi kelinci yang ikut kompetisi tetapi juga masayarakat yang tertarik untuk memelihara binatang yang satu ini.

Kompetisi untuk mengetahui kualitas seekor kelinci yang diselenggarakan oleh komunitas pecinta kelinci Indonesian Rabbit Brotherhood (IRB) memberikan banyak pengetahuan bagi masyarakat yang tertarik memelihara kelinci.

Diadakan di Mall Cipinang Indah, ARBA Show pertama dari IRB itu diikuti oleh lebih dari 250 ekor kelinci. Berbagai kelinci ditempatkan di kandang dan dikelompokan berdasarkan jenis masing-masing.

Kontes bertema “Keep Calm and Show Rabbit” tersebut menghadirkan juri asal Amerika yakni Randy Cler dan Theresa Christen yang merupakan anggota ARBA Amerika Serikat juga juri asal Indonesia yakni Arie Wardhani.

Lebih Dari 250 Kelinci Meriahkan Indonesian Rabbit Brotherhood

Image : Divertone/Rintang A

Pada proses penjurian, kontes kelinci ini turut serta memberikan pengetahuan bagi masyarakat bagaimana merawat hewan yang satu ini agar menjadi kelinci yang berkualitas.

Para juri asal Amerika memberikan penilaian langsung yang bisa didengar oleh para pengunjung acara sehingga para pengunjung bisa mengetahui beberapa indikator kelinci yang berkualitas secara anatomi fisik, penampilan, dan kemampuan reproduksinya. Tentunya penilaian tersebut disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh ARBA.

Kontes yang terbagi dalam kategori A, B, dan C dibedakan berdasarkan breeder (pengembangbiak), varietas (jenis), dan kelas senior ataupun junior.

Theresa Christen mengatakan, beberapa anatomi fisik yang menjadi penilaian penanda berkualitas tidaknya seekor kelinci diantaranya dapat dilihat dari beberapa aspek. “Kami menilai sesuai standar untuk kualitas telinga, kepala, crown, struktur tulang , tektur, warna, dan kondisinya,” jelasnya saat memberikan penilaian.

Lebih Dari 250 Kelinci Meriahkan Indonesian Rabbit Brotherhood

Image : Divertone/Rintang A

Di tengah kompetisi, ada satu kelinci jenis Felmish Giant yang akhirnya mati karena dehidrasi. Christen menilai, kucing yang besar punya kecenderungan jantung yang lemah meskipun bulunya lebih tipis dibanding jenis kelinci berbulu lebat seperti Holland Loop. Hal-hal itulah yang penting diketahui oleh para breeder sehingga punya treatment tepat saat memelihara kelinci dengan jenis tertentu.

Di pojok-pojok pagelaran, beberapa breeder langsung bisa berkonsultasi dengan para komunitas pencinta kelinci untuk mengetahui berbagai upaya untuk merawat kelincinya. Mereka pun sekaligus bisa membeli produk makanan kelinci dan produk lainnya seperti vitamin, nutrisi, beserta shampo khusus untuk kelinci.

Melibatkan banyak Varietas Kelinci

Selain kompetisi kelinci, para pengunjung yang tertarik dengan hewan peliharaan satu ini juga sekaligus mengatahui beberapa varietas kelinci yang ternyata juga banyak sekali seperti halnya hewan peliharaan populer lainnya seperti kucing dan anjing.

Ada sekitar 10 varietas yang masuk dalam kategori kompetisi ARBA Jakarta yakni mulai dari Holland Lop yang penampilannya seperti anak anjing dengan telinga menjorok ke depan. Ada pula Flemish Giant yakni kelinci raksasa yang ukurannya bisa mencapai hampir 1 meter. Selain itu ada juga kelinci jenis Californian, France Anggora, American Fuzzy Lop, Netherland Dwarf, Jersey Wolly, Lion Head, New Zealand White, dan sebagainya.

Lebih Dari 250 Kelinci Meriahkan Indonesian Rabbit Brotherhood

Image : Divertone/Rintang A

Jenis-jenis kelinci tersebut bisa dibedakan dari ukuran, lebat bulu, warna, kepala dan tentunya adalah telinga. Telinga kelinci memang menjadi ciri khas binatang satu ini yang membuatnya semakin lucu apalagi dengan bulu yang lebat. Jadi jangan kaget ketika melihat kelinci tapi perawakannya bukan seperti kelinci. Tertarik memelihara hewan peliharaan satu ini?tidak ada salahnya jika Anda bosan dengan anjing dan kucing. Hal yang terpenting adalah mengetahui metode untuk merawat kelinci karena hewan satu ini punya senssitivitas dan tingakat durabilitas yang beda dengan hewan peliharaan lainnya.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account