Inilah Moranbong Girlband Asal Korea Utara

Bila kita mendengar kata girlband, pasti langsung terbayang grup vokal dari Negara asal Kpop, Korea Selatan atau Republik Korea. Tetapi ternyata girlband juga ada di negara tetangganya, Korea Utara ( Republik Demokratik Korea )yang terpisah karena perang di tahun 50-an.

Negara yang beribukota di Pyongyang ini ternyata juga mempunyai girlband bernama Moranbong atau dikenal juga dengan Moranbong Akdan atau The Moran Hill Orchetra. Grup ini dibentuk pada 7 Juli 2012 oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, sebagai reaksi atas ‘boomingnya’ musik Korea terutama saat lagu dari Psy, “Gangnam Style’ mendunia.

Moranbong tampil pertama kali pada 6 Juli 2016 di ibukota Korea Utara, Pyongyang. Meski musik Moranbong dipengaruhi music pop,rock dan juga orkestra, tetapi lirik lagu-lagu yang dibawakan oleh Moranbong berisi propaganda tentang kehebatan sang pemimpin, Kim Jon Un dan juga Korea Utara. Contohnya dalam lagu “Let’s support Our Supreme Commander with Arms” dan juga “My Country is The Best”.

Dalam masalah kostum, anggota Moranbong memakai seragam seperti militer Korea Utara dengan sedikit modifikasi seperti merubah rok menjadi lebih pendek dan mengganti sepatu militer dengan sepatu hak tinggi. Rambut para personil juga dipoton pendek layaknya perempuan dalam militer Korea Utara.

Moranbong lebih sering tampil di acara-acara politik dan militer Korea Utara dan sering kali menjadi hiburan untuk para delegasi negara-negara diplomatik dalam acara kenegaraan.

Jadi kira-kira apakah girlband Korea Utara ini bias bersaing dengan girlband dari Korea Selatan ? Kita tunggu saja..

 

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account