Inilah Voice of Baceprot, Band Metal Berhijab Indonesia

Velodrome – Kalau kita mendengar band metal pasti langsung terbayang sesuatu yang identik dengan warna hitam dan sangar. Musik metal identik dengan sesuatu yang urakan dan liar.

Tetapi siapa sangka ada band metal dengan tampilan sopan dan Islami, tetapi tidak kalah gahar dalam memainkan musik metal. Ya, inilah Voice of Baceprot (VoB) , yang personilnya terdiri dari remaja putri belasan tahun dan memakai hijab.

Voice of Baceprot (yang dalam bahasa Sunda, baceprot berarti ’berisik) berasal dari daerah garut, Jawa Barat dengan formasi Eusi Siti Aisyah (drummer), Widi Rahmawati (Bass) dan Firdda Kurnia (gitar dan vokal). Ketiganya masih berusia 17 tahun dan 15 tahun ketika mereka membentuk band ini.

Pada awalnya mereka yang telah berteman sejak kanak-kanak, tidak pernah memainkan alat musik sama sekali. Barulah ketika masuk sekolah menengah pertama ( SMP) mereka mulai membentuk sebuah band.

Ternyata bakat ketiga remaja ini tercium oleh guru musik di sekolah mereka, Cep Ersa Eka Susila Satia. Dengan bantuan sang guru saat masih di Madrasah Tsanawiyah, ia mulai membantu dan mengarahkan mereka.

Tetapi ternyata banyak orang-orang di sekitar mereka yang menentang. “Banyak yang menentang, karena dianggap tak pantas. Musik metal identic dengan hal-hal negative dan penontonnya sering rusuh,” ungkap Ersa.

Saat ini Voice of Baceprot telah memiliki empat lagu karya mereka sendiri dengan lirik bahasa Indonesia dan Inggris dan sedang dalam proses rekaman. Dalam penampilannya mereka juga mengcover band-band yang mempengaruhi musik mereka seperti System of a Down, Red Hot Chili Peppers, Slipknot dan Rage Against The Machine.

Salah satu lagu karya mereka yang mulai dikenal berjudul “The Enemy of Earth IS You” yang mengungkapkan tentang ujaran kebencian dan intoleransi yang terjadi di Indonesia.

Maju terus Voice of Baceprot..

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account