Inovasi Hutan Vertikal Di Kota Milan

Hutan vertikal di Kota Milan

Velodrome – Pasti Anda penasaran kan apa itu hutan vertikal. Karena dimana-mana hutan itu horizontal yang terhampar mendatar, bukannya vertikal yang menjulang tinggi ke atas. Di Itali tepatnya Kota Milan, seorang arsitek membuat dua gedung apartemen yang ditanami dengan berbagai tumbuhan sehingga disebut sebagai hutan vertikal.

Stefano Boeri membuat inovasi untuk memindahkan ekosistem hutan ke area perkotaan yang jauh dari kata hijau. Bosco Verticale adalah nama dua gedung apartemen yang disebut sebagai hutan vertikal. Kini Bosco Verticale menjadi percontohan untuk pembangunan hutan vertikal di Paris, Mexico, dan Vietnam.

Inovasi ini merupakan bagian dari program pemkot Milan untuk menghijaukan kotanya guna mengurangi emisi gas rumah kaca. Tercatat pada akhir 2013 pusat daerah perkotaan ini sudah ditumbuhi 730 pohon, 5.000 semak dan 11.000 tanaman lainnya.

Hutan vertikal di Milan ini dikatakan sebagai gedung pencakar langit paling cantik dan inovatif di dunia. Bagaimana tidak, apartemen yang menjelma menjadi hutan vertikal ini menciptakan ekosistem hutan dengan 16.000 tumbuhan yang menjadi bagian dari “dekorasi luar” di hunian perkotaan yang modern tersebut.

Pohon-pohon, semak dan tanaman lain yang tumbuh di teras apartemen tersebut akan mendapatkan air yang berasal dari kamar mandi, wastafel, mesin cuci dan mesin pencuci piring yang digunakan oleh penduduk yang tinggal di apartemen setelah dinetralisir oleh sebuah alat khusus.

Apartemen kembar di Milan ini berhasil menciptakan ekosistem urban yang mempertemukan antara manusia dengan alam. Karya Stefano Boeri ini juga membantu produksi oksigen dan melindungi sekitarnya dari bahaya radiasi. Selain itu, ke dua apartemen ini menciptakan biodiversity karena sudah memberikan rumah ke 1.600 burung dan kupu-kupu.

Dengan semua manfaat yang diberikan oleh hutan vertikal ini, tak salah kalau ke dua apartemen ini dijuluki sebagai gedung pencakar langit paling cantik dan inovatif di dunia. Belum lagi penampilan gedung yang semakin indah karena warna pergantian daun pohon seiring dengan berubahnya musim di kota fashion tersebut.

Keren kan, kira-kira kapan ya para pembangun apartemen akan membuat konsep seperti ini?

Sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account