Proses Pembuatan iPhone Ternyata Sebabkan Banyak Engineer Bercerai

iPhone

Velodrome– Sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan iPhone? Smartphone yang memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai belahan dunia, termasuk juga di Indonesia. Saat kemunculannya pertama, iPhone berhasil menyedot perhatian publik. Dan sampai sekarang ini perhatian publik juga belum teralihkan.

Namun, siapa sangka dibalik itu semua ada cerita kelam yang tak banyak orang mengetahuinya. Bahkan sejumlah engineer yang mengerjakan proyek ini harus kehilangan kehidupan pribadinya bahkan tidak sedikit yang bercerai dari pasangannya.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah buku dengan judul The One Device: The Secret History of the iPhone yang akan segera dirilis dalam waktu dekat. Sebagaimana dilansir dari theverge.com, buku tersebut rencananya akan dirilis pada 20 Juni 2017. Meskipun belum dirilis, namun sudah ada sedikit bocoran mengenai isi buku tersebut.

iPhone

Image by macobserver.com

Singkat cerita, dalam awal perencanaan pengembangan iPhone, sejumlah engineer Apple di tahun 2000-an, dikabarkan hilang. Rupa-rupanya para engineer yang hilang itu merupakan orang yang dipilih ditawari untuk mengerjakan proyek rahasia (yang diketahui belakangan bahwa proyek rahasia tersebut merupakan iPhone).

Saat itu rupanya tak ada yang tahu kemana para engineer ini hilang, namun belakangan ini baru terungkap bahwa para manajer merekrut para engineer terbaik untuk bergabung dalam proyek rahasia tersebut. Mereka menghilang sekitar 2 tahun lamanya, untuk bekerja di luar kantor.

Baca Juga : Mengenal Sosok Jack Ma Pendiri Alibaba.com

Karena saat itu mereka sedang mengerjakan proyek rahasia, maka saat itu Steve Jobs meminta agar semua engineer tak membocorkan tentang proyek tersebut kepada siapapun. Guna menjaga kerahasiaan, ternyata saat itu Steve Jobs juga tidak mengizinkan para petinggi Apple untuk terlibat dalam proyek iPhone.

Perekrutan tim iPhone ketika itu berhasil mengumpulkan para engineer terbaik di Apple. Namun sayangnya, pengembangan smartphone berbasis iOS ini tidaklah mudah, banyak jalan terjal yang harus dihadapi. Salah satu masalahnya adalah menyangkut engineer yang banyak mengalami masalah dalam keluarganya.

Bahkan banyak yang bercerai gara-gara proyek tersebut. Hal ini terjadi lantaran para engineer bekerja sangat intens dan selama dua tahun hingga tak memiliki waktu yang cukup untuk keluarga. Meskipun sedih dengan nasib pernikahannya, para engineer yang bercerai mengaku lega karena proyek iPhone ini begitu digilai, bahkan hingga detik ini.

1 Comment
  1. Imam 1 year ago

    Coba bikinnya di Indonesia. Engineernya malah pd kawin lagi 😀

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account