Jalan-jalan Enggak Perlu Mahal dengan CouchSurfing

Jalan-jalan Enggak Perlu Mahal dengan CouchSurfing

Velodrome – Sebagian dari Travel Enthusiast pastinya sudah pernah dengar apa itu CouchSurfing. Tapi kamu paham enggak sih makna istilah tersebut? Dan bagaimana CouchSurfing ini bisa merubah gaya backpackeran masa kini, dan bikin jalan-jalan kamu enggak perlu mahal, meskipun ketika kamu liburan ke luar negeri.

Istilah ini hadir dari situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau Jaringan Silaturahmi. Praktek yang dilakukan sebenarnya merupakan sebuah jaringan non-profit internasional yang menghubungkan wisatawan dengan penduduk setempat.

CouchSurfing merupakan komunitas traveler global yang anggotanya menyediakan tempat tinggal sementara secara gratis bagi traveler yang berkunjung ke suatu daerah dan berfokus pada cultural exchange dan juga membangun networking services bagi para anggotanya.

Berawal dari situs jejaring sosial tapi idenya dari semangat saling bantu antar wisatawan dan penduduk setempat. Mirip kaya homestay, bedanya CouchSurfing ini bentuknya community based jadi gratis. Kalau homestay kan kadang ada imbalannya tuh.

Saat ini, jumlah anggota CouchSurfing adalah 2,6 juta di 246 negara dan wilayah. Sejak tahun 2004, anggota telah menggunakan sistem yang disediakan oleh situs jejaring sosial tersebut untuk datang bersama-sama dalam pertukaran budaya, persahabatan, dan pengalaman belajar.

Dibuat istilah “couch” atau sofa bisa jadi karena secara umum, ruang yang disediakan untuk tidur bagi anggota CouchSurfing bisa jadi hanyalah sofa, bukan kamar, ataupun hanya ruangan kecil yang beralaskan matras. Bahkan ada host (tuan rumah) yang baik sampai-sampai mau bikinkan sarapan tanpa memungut biaya. Tapi kalau kamu sebenarnya punya uang enggak salah loh untuk sedikit membantu tuan rumah.

Jalan-jalan Enggak Perlu Mahal dengan CouchSurfing

Aplikasi CouchSurfing

Kalau kamu mau mencoba masuk ke dalam komunitas ini, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi mereka, atau aplikasi resmi mereka lalu daftarkan data diri kamu yang sebenar-benarnya. Lalu isilah keterangan yang diminta dengan sebenar-benarnya namun tetap berhati-hati. Karena situs jejaring sosial ini tujuannya untuk saling membantu jadi kamu pun sebisa mungkin mengikuti aturan dan membantu sesama member.

Selalu ingat untuk menjaga attitude, dan berperilaku yang baik (jangan suka spamming) supaya kamu enggak kena block.

Jadi kalau kamu seorang travel Enthusiast, lagi mau liburan dengan budget minim, daripada dihabiskan dengan menginap di hotel, kamu bisa mencoba CouchSurfing. Selain bisa mendapat penginapan gratis, kamu juga akan menemukan teman baru, siapa tahu bisa jadi guide kamu nantinya. Selamat mencoba!

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account