Jalan Jalan Keren Cap Go meh bersama Komunitas Jelajah Budaya

Whitewood – Komunitas Jelajah Budaya (KJB) kembali mengadakan Jelajah Kota Toea:  Cap Go Meh in China Town dikawasan Glodok. Jelajah Kota Toea kali ini mengunjungi tempat-tempat bersejarah, seperti kelenteng, gereja, Ruko dan lain-lain.

Bagi etnis Tionghoa perayaan Imlek  dan Cap Go Meh merupakan tradisi leluhur yang sebagian besar masih dirayakan secara turun temurun.Bersama Komunitas Jelajah Budaya ..selain area diatas ternyata teman-teman “pengembara” ini turut menikmati  tempat-tempat eksotis seperti kawasan Petak Sembilan, Pancoran, Toko Tiga, Pintu Kecil dan sekitarnya.

Sekilas tentang KJB adalah komunitas yang peduli dengan sejarah Indonesia dan pergerakannya antara lain adalah mengajak & meng info kan ke para anggota sekaligus masyarakat luas mengenai tempat-tempat bersejarah yamg Indonesia miliki seperti musium musium milik kita , bangunan lama peninggalan kolonial , ikon area sejarah  adalah venue yang pasti mereka selalu explore juga sebar luaskan ke masyarakat.

Founder dari KJB yaitu Kartum setiawan merupakan nyawa dari komunitas yang sering berada di kota tua ini , dan acara Imlek & Cap gomeh adalah ide nya untuk tetap mempertahankan eksistensi sejarah persahabatan Indonesia beserta masyarakat China di kala itu yang berkembang hingga saat ini.

Merupakan movement positif untuk kita agar kembali merenung mengenai pertikaian dengan topik etnis China & masyarakat pribumi sebenarnya tidak perlu terjadi , keindahaan persahabatan kedua budaya yang sudah terjalin jangan sampai rusak oleh oknum-oknum untuk di “drama”kan dan dengan tujuan hanya menginginkan bangsa kita lemah dan semakin tidak dapat maju.

Allright then..Back to topic..perhelatan  acara dimulai pk 08:15..cuaca bersahabat area taman Fatahillah pun mengawali jalan-jalan para sahabat KJB di Minggu 4 maret 2018 lalu di ikuti tawa canda para peserta

Tampak para peserta menikmati langkah demi langkah suguhan sejarah dari KJB.

SStttt..bocoran saja..ternyata Biaya partisipasi acara KJB ini hanya  Rp.50.000,- lhoo.. Sudah Termasuk Tour Guide, Id Card, Sinopsis, dan Snack, mantab sekali yaa dimana harga  sangat terjangkau..menambah wawasan & Sehat !

Para penjelajah diajak berkeliling  Kali Besar, Pintu Kecil, Pasar Pagi Lama, Rumah Pasar Gelap, Toko Obat Lay An Tong, Toko Tiga, Gedung Tiong Hoa Hwee Koan, Rumah Keluarga Souw, Gereja dan Kelenteng hingga kawasan Glodok nan tersohor tersebut

“Sangat berkesan terutama untuk cucu saya yg baru berumur 2thn 9bln melihat hiasan2 cap go meh plus teman2 di kjb yang ramah.  sy sudah 2x ikut acara imlek/cap go meh dr komunitas yg berbeda.  nah, yg ke-3 ini berbeda sekali.  kjb membawa kami ke tempat2 yang gak mungkin sy lakukan sendiri.  masuk gang2 kecil untuk melihat rumah pecinan jaman dulu”  ujar ibu Ratna.

“Kita di kenalkan pada bangunan-bangunan tua china & kebudayaan2 tiongkok yg belum banyak saya tau, banyak sekali ilmu yg saya dapat, saya jadi banyak tahu tentang sejarah & kebudayaan cina yg belum banyak saya ketahui, apalagi pada perayaan Cap Goh Meh kemarin itu meriah sekali,pada dasarnya saya suka sekali setiap mengikuti kegiatan atau event-event  yang KJB adakan” sambut Dwi Tjaturi

Komentar menarik juga datang dari Sondang , “Mengikuti kegiatan KJB sejak Mei 2013, saat kunjungan ke Istana Kepresidenan Cipanas. Sampai seterusnya saya beberapa kali ikut sampai sekarang. Saya menyukai sejarah dan menurut saya dengan KJB saya mendapatkan informasi tentang sejarah yang belum saya ketahui. Di KJB saya juga mendapat teman-teman baru dengan berbagai macam latar belakang. Bergabung dengan event KJB terasa seperti keluarga sendiri”

Well..Godluck KJB…kalian  berhasil turut menjaga tapak tapak persatuan & jejak sejarah bangsa ini.

Maju terus untuk Indonesia dan kami  tunggu gebrakan KJB berikut nya ..salam Bhineka Tunggal ika !

#kenalkomunitas

 

 

 

Writer : Sobhirowo

06 Maret 18

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account