Kemiripan Superheroes DC, Marvel dan Nusantara (Part 2)

Velodrome – Kita berlanjut dengan membahas 3 Superheroes berikutnya yang memiliki kemiripan antara satu dengan yang lainnya, setelah sebelumnya kita membahas 3 Superheroes yang lain.

DC’s Wonder Woman

WW

Ia adalah Tuan Putri dari Amazon, Wonder Woman adalah salah satu penjaga terkuat untuk terjaganya perdamaian dan keamanan di muka bumi. Ia adalah anak dari Zeuz dan Ratu Amazon Hippolyta

Marvel’s Sif

Sif_(Earth-12131)_001

Lady Sif dan Saudaranya (Heimdall) lahir pada generasi kedua Dewa Dewi Asgard. Selama mas kanak – kanaknya, Sif merupakan rekan bermain dari Thor, Balder dan Loki. Hubungan Sif dan Thor menjadi lebih ke arah percintaan yang kemudian di setujui oleh Odin (Ayah Thor).

Dilain pihak, Loki yang memendam perasaan terhadap Sif merasa cemburu, Loki memutuskan untuk melakukan buruk dengan memotong rambut emas Sif. Hal ini disadari oleh Sif saat ia terbangun karena rambut emasnya perlahan mulai menghitam, maka Thor pun memaksa Loki untuk mengembalikan rambut tersebut.

Sayangnya saat rambut tersebut dikambalikan ternyata rambut Sif justru tumbuh makin gelap seperti malam. Sif pun bersedih atas kehilangannya, orang tuanya pun merasa lelah menghadapi sikap Sif yang berlebihan dan mengirimkannya untuk berlatih menjadi Shield Maiden.

Selama masa pelatihannya, Sif masih terus menemani Thor dan Loki dalam petualangan mereka walau pun dia tidak pernah memaafkan perbuatan Loki.

Nusantara’s Merpati

Romantic_Gundala_by_Dedefox

Nama aslinya adalah Sedhah, ia adalah seorang wartawati yang sedang berusaha menolong ayahnya yang diculik, secara tidak sengaja ia terjatuh ke dalam sebuah jurang dan ditolong oleh segerombolan merpati yang kemudian membawanya ke Ratu Merpati.

Ratu Merpati memasukkan Sedhah kedalam ramuan ajaib yang membuat Sedhah memiliki kekuatan super dan dikenal dengan sebutan “Merpati.”

DC’s Aquaman

2763121-justl_cv4_asdjkhf69s87dafkwlq

Aquaman (Arthur Curry) adalah anak dari Atlanta, seorang Tuan Putri yang diusir dari Atlantis atas pelanggarannya karena seringnya mengunjungi dunia luar.

Sedangkan Tom Curry adalah seorang penjaga mercusuar. Pada suatu malam ditengah badai yang buruk, Tom Curry menemukan Atlanta terluka karena terlempar keluar dari badai dan kemudian merawatnya.

Keduanya lantas membuat Mercusuar menjadi rumah yang nyaman bagi mereka yang kemudian disitulah lahir Arthur Curry. Tom Curry menikmati hubungannya dengan Atlanta, walau pun ia tidak pernah tau dari mana Atlanta berasal.

Dua tahun setelah kelahiran Arthur, ayahnya menemukannya sedang bermain dibawah air tanpa kesulitan bernafas. Beberapa tahun kemudian Tom dan Arthur akhirnya mengetahui latar belakang dari Atlanta yang berasal dari Benua Atlantis yang hilang menjelang ajalnya Atlanta.

Atlanta pun mengungkapkan kekuatan yang dimiliki Arthur yang diwariskan darinya, yaitu dapat hidup dan bernafas dibawah air, ia pun memilki kemampuan untuk berkomunikasi dan memerintah seluruh makhluk yang hidup di laut.

Setelah kematian Atlanta, Tom mulai melatih Arthur lebih keras secara mental dan fisik agar Arthur mampu mengendalikan kekuatannya dengan maksimal. Ayahnya pun menanamkan dalam benak Arthur bahwa ia adalah anak yang special yang mampu menyelamatkan Lautan dan menjadi Raja dari Tujuh Lautan.

Setelah kematian ayahnya, Arthur meninggalkan Mercusuar yang selama ini menjadi rumah baginya dan keluarganya untuk menjelajahi lautan dan menemukan takdirnya. Ia kemudian berhasil menjadi Raja Atlantis dan menikahi Mera yang merupakan pengunjung dari Dunia Air di dimensi lain yang bernama Xebel.

Marvel’s Namor

Namor_McKenzie_(Earth-982)_002

Pada tahun 1920 Kapten Leonard McKenzie berada pada sebuah ekspedisi menuju Antartika, misinya adalah mencari Helm yang memiliki kekuatan Mistik. The Oracle (Kapalnya) terjebak ditengah genangan – genangan es, maka McKenzie menggunakan ledakan untuk menyelamatkan kapalnya.

Tanpa diketahui oleh McKenzie, Kota Atlantis yang berada dibawahnya menderita beberapa kerusakan atas insiden tersebut. Maka Emperor Tha-Korr sebagai penguasa Atlantis memerintahkan putrinya untuk mengirimkan beberapa prajurit untuk menyelidiki asal ledakan mematikan tersebut.

Karena tidak ingin membahayakan nyawa siapa pun, maka sang putri memutuskan untuk pergi sendiri menyelidikinya. Saat sampai di kapal, Putri Fen tertangkap oleh beberapa anak buah kapal, namun dikarenakan perbedaan bahasa diantara mereka, maka Putri Fen tidak mampu menjelaskan maksud kedatangannya.

Setelah beberapa hari berada dikapal tersebut, ternyata McKenzie dan Fen saling jatuh cinta dan mereka pun menikah di Kapel di atas kapal. Beberapa minggu kemudian, Tha-Korr yang merasa kehilangan Putrinya mengirimkan sekelompok prajurit perang untuk menemukannya.

Para Prajurit menyangka bahwa Putri Fen disandera oleh McKenzie dan rekannya, maka mereka pun menyerang dan membunuh semua orang yang ada dikapal tersebut termasuk McKenzie. Fen pun dibawa kembali ke Atlantis dan hasi dari pernikahan tragis yang terjadi, lahirlah Hybrid pertama antara Manusia dan Atlantean yaitu Pangeran Namor.

Aquanus

aquanus

Ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat Raja Sving yang masih bayi diselamatkan dengan sebuah roket ke luar angkasa. Roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Roket itu ditemukan oleh keluarga pemburu paus yang kemudian membesarkan Dhanus (putra angkat Raja Sving).

Bangsa Zyba adalah bangsa yang memiliki kemampuan untuk hidup di darat dan di air, sehingga Dhanus dapat dengan mudah bermain-main ke dasar lautan. Suatu ketika saat menyelam di dasar laut, seseorang yang mengaku berasal dari Zyba menolongnya dari serangan gurita raksasa.

Sayangnya orang itu tewas ditembak para penyelam. Namun, sebelum ajalnya ia masih sempat memberikan sabuk sinar pelangi kepada Dhanus. Sabuk ini pun menjadi senjata andalan Aquanus. Nama Aquanus diambil dari Aqua yang berarti air, dan Nus dari Dhanus.

DC’s Plastic Man

PLASMCONV_Cv1_R1_gallery_5543c2cdea2c82.60410834

Seorang kriminal kecil musiman bernama Patrick “Eel” O’Brian. Ia ikut serta didalam pencurian terhadap sebuah perusahaan kimia bernama Crawford Chemical. Keadaan menjadi diluar kendali saat aksinya dipergoki oleh satpam yang bertugas. Ia pun ditembak oleh salah seorang satpam dan terjatuh kedalam kubangan bahan kimia di ruang percobaan.

Rekan – rekannya yang melihatnya ditembak segera meningkalkannya. Ternyata Eel berhasil selamat dari insiden tersebut, namun insiden tersebut membuatnya memiliki kemampuan yang aneh pada badannya dan membuat takut orang disekitarnya.

Eel yang frustasi dengan kondisi tubuhnya memutuskan untuk bunuh diri, namun aksinya dicegah oleh Woozy Winks yang merupakan Pasien Rumah Sakit Jiwa yang baru saja dibebaskan.

Bekerjasama dengan Woozy, akhirnya Eel dapat mengendalikan kekuatannya yang pada akhirnya membuatnya memutuskan untuk menjadi seorang superhero.

Mr. Fantastic

1891630-reed_586_023

Reed Richards lahir di Central City, California. Ia adalah anak dari Nathaniel dan Evelyn Richards. Ayahnya Reed adalah seorang ilmuwan jenius dan mendidik Reed sebagai penggantinya kelak. Reed ahli di bidang matematika, fisika dan teknik mesin, Ia lulus dari Universitas di usianya yang baru menginjak 14 tahun.

Ia kuliah di lebih dari satu perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi Massachusetts, Institut Teknologi California, Universitas Harvard, Universitas Columbia dan Universitas Empire State. Saat kuliah di Universitas Empire State ia berkenalan dengan Ben Grimm yang kemudian juga menjadi teman sekamarnya. Mereka menjadi teman baik dan Reed pun menceritakan tentang mimpinya membuat sebuah pesawat ruang angkasa.

Setelah itu, Reed meneruskan sekolahnya ke Universitas Columbia, saat kuliah disitu ia menyewa sebuah apartemen dari Bibinya Sue Storm. Sue pun jatuh cinta pada Reed, dan di Universitas Columbia itu pula lah dia berkenalan dengan Victor Von Doom.

Doom menyukai kecerdasan Reed karena menurutnya Reed adalah satu – satunya rival bagi kecerdasannya, walau pun di lain pihak sebenarnya Doom cemburu pada kecerdasan Reed yang akhirnya menuntunnya membuat sebuah percobaan ceroboh yang akhirnya gagal dan membuat bekas luka pada wajahnya.

Selanjutnya Reed melanjutkan kuliah di Harvard dan disini lah ia meraih gelar Phd-nya pada bidang Fisika, Teknik Mesin, Kimia, Teknik Elektro dan Biologi pada usia 22 tahun. Setelah lulus dari kuliahnya, ia pun dibiayai oleh pemerintah untuk melakukan proyeknya penelitiannya sendiri.

Ia mulai membangun pesawat luar angkasa di Central City, disini pula lah akhirnya Reed dan Sue kembali berpacaran. Reed meminta Ben untuk menjadi pilot bagi pesawatnya. Namun pemerintah menolak untuk memberikan izin terbang pada pesawat tersebut.

Kondisi ini akhirnya membuat Reed, Sue, Ben dan Johnny mengendap – endap kedalam pesawat dan menerbangkannya keluar angkasa. Reed salah perhitungan karen melupakan keadaan abnormal pada Radiasi yang di pancarkan oleh Radiasi Cosmic.

Segera saja, Radiasi tersebut menghancurkan pesawat dan membuatnya kembali menghantam bumi. Setelah insiden tersebut, Reed menyadari bahwa ada keanehan yang terjadi pada dirinya, yaitu ia mampu memperpanjang tubuhnya seperti karet. Reed pun memutuskan menggunakan nama Mr Fantastic dan menggunakan kekuatannya untuk kebaikan.

Pangeran Mlaar

Mlaar_by_sancaka-horz

Pangeran Mlaar adalah Putra Mahkota sebuah kerajaan di Planet Covox. Saat itu sedang terjadi kekacauan di kerajaan Planet Covox yang didalangi oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak yang berhasil membunuh sang Raja (Ayahnya Mlaar).

Disaat genting seperti itu salah seorang pamannya berhasil menyelamatkan Mlaar. Pamannya adalah seorang ilmuwan jenius. Hasil penemuan pamannya lah yang akhirnya memberikan kemampuan super dan tubuh elastis kepada Mlaar.

Suatu hari Gundala datang ke Planet Covox untuk memburu penculik ayah angkatnya, Kaisar Kronz. Mentri Telern sebagai penguasa baru di Covox bermaksud menggunakan tubuh Kronz sebagai sumber energi listrik raksasa untuk membangun pabrik peluru kendali meteor.

Disitulah akhirnya Mlaar bertemu Gundala dan keduanya bekerjasama menggagalkan rencana mereka. Mentri Telern dan istrinya Putri Kepala Perak akhirnya tewas oleh mereka berdua.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account