Kenali Lima Penyebab Munculnya Tekanan Darah Rendah

Kenali Lima Penyebab Munculnya Tekanan Darah Rendah

Velodrome – Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan kondisi dimana tekanan darah berada di bawah normal (120/80 mmHg). Kondisi ini sangat bisa membuat Anda cepat lelah, pusing dan tak bisa beraktivitas banyak. Meskipun dampaknya tidak terlalu serius, perlu untuk Anda ketahui jika dibiarkan tekanan darah rendah ini bisa memicu munculnya masalah kesehatan serius di masa depan.

Maka dari itu perlu untuk berhati-hati agar Anda tidak terkena tekanan darah rendah. Dilansir dari Liputan6.com, Dr Gunjan Kapoor yang merupakan Direktur Interventional Cardiology Jaypeee Hospital setidaknya ada 5 hal yang mungkin menjadi penyebab tekanan darah rendah. Begini selengkapnya.

1. Kehamilan

Hal yang sangat mungkin menjadi penyebab tekanan darah rendah adalah kehamilan. Terutama di beberapa minggu pertama kehamilan, penyebabnya adalah kadar hormon progesterone yang tinggi di dalam darah yang melebarkan pembuluh darah sehingga menimbulkan hipotensi. Maka dari itulah, selalu waspada dan hati-hati agar trimester pertama kehamilan tidak terjadi masalah.

2. Dehidrasi

Tanpa disadari ternyata dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah. Dalam beberapa kasus, akibat diare dan muntah yang berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Inilah yang juga menyebabkan kenapa saat Anda dehidrasi, tubuh terasa lemas dan serasa ingin pingsan, karena tingkat tekanan darah menurun drastis.

3. Akibat penyakit tertentu

Yang perlu Anda waspadai, kondisi tekanan darah yang menurun ini bisa saja terjadi lantaran adanya penyakit tertentu. Misalnya saja anemia, gagal jantung, gangguan hati dan beberapa penyakit lainnya. Untuk itulah jika dirasa tekanan darah rendah tak kunjung sembuh ada baiknya unuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa ditangani sejak dini.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa contoh obat yang menyebabkan tekanan darah rendah adalah penghilang rasa sakit, penghilang kecemasan (anti-depresan), serta obat-obatan untuk mengobati penyakit kronis seperti jantung. Overdosis obat-obatan yang sudah disebutkan sebelumnya bisa menyebabkan tekanan darah berada di bawah kisaran normal.

5. Masalah hormonal

Masalah hormonal juga menjadi salah satu penyebab munculnya tekanan darah rendah. Misalnya saja terjadi komplikasi hormonal seperti tiroid yang kurang aktif, tiroid hiperaktif yang bisa menjadi penyebab tekanan darah jadi rendah.

Waspadai penyebab munculnya tekanan darah agar kesehatan Anda tetap dalam kondisi yang stabil. Terapkan juga pola hidup yang sehat agar tubuh senantiasa dalam kondisi baik.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account