KFC China Uji Pembayaran dengan Senyuman

Teknologi alat pembayaran Smile To Pay

Velodrome – Tak lagi menggunakan uang, Alipay baru saja meluncurkan sistem pembayaran terbaru bernama “Smile to Pay”, dimana pelanggan bisa membayar makanannya hanya dengan senyuman. Restoran yang menjadi pionir dari sistem pembayaran ini adalah restoran cepat saji, Kentucky Fried Chicken (KFC) di China.

Presiden Yum China, Joey Wat mengatakan kalau target pasar ini merupakan para pelanggan muda yang tergolong tech savvy. Tujuan utamanya pun sekaligus untuk memuaskan mereka yang menyukai berbagai inovasi baru.

Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya teknologi facial recognition. Perusahaan dibalik teknologi tersebut adalah Ant Financial, yang merupakan anak perushaan milik Alibaba Group. Kecanggihan dari “Smile to Pay” ini terletak pada kecepatan mesin untuk memindai wajah seseorang dengan 3D kamera yang disematkan disertai algoritma deteksi live-ness.

Live-ness sendiri berfungsi untuk memeriksa identitas orang yang melakukan transaksi. Selain tersenyum, para pelanggan perlu memasukkan nomor ponsel untuk menghindari adanya penipuan.

Versi beta dari teknologi pembayaran yang unik ini sebenarnya sudah pernah diperkenalkan oleh pendiri Alibaba Group, Jack Ma, sejak tahun 2015 silam.

Namun menurut Kepala Teknologi Identifikasi Biometric di Ant Financial, Jidong Chen, untuk mengambil sistem pembayaran dengan menggunakan wajah bukanlah tugas yang mudah.

Jidong Chen menjelaskan jika perusahaanya berusaha keras untuk memadukan sistem 3D dan juga algoritma agar bisa benar-benar mendeteksi bahwa yang berada di depannya adalah orang yang sebenarnya bukan hanya foto belaka.

Hal tersebut dimaksudkan agar sistem tersebut tidak mudah dikelabui oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Ant Financial menyebutkan jika penerapan tekhnologi tersebut secara komersial baru pertama kali dilakukan.

Kendati mengusung nama KFC, sebenarnya ini merupakan sebuah teknologi yang diterapkan di sebuah restoran KPRO, sebuah rumah makan yang terdapat di kota Hangzhou yang merupakan restoran baru KFC yang menyuguhkan beberapa makanan sehat seperti halnya salad, ayam pangang, Panini, dan juga jus segar.

Selain Ant Financial ada perusahaan lainnya yang turut serta dalam melakukan proyek itu. Mereka adalah Megvii, sebuah startup asal Beijing yang mengembangkan pengenalan wajah bernama Face++.

 

Sumber: Theverge.com

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account