Kiprah Nathan East Menjadi Rhythm Section Musisi Dunia

Velodrome – Nathan Harrel East, atau yang lebih dikenal sebagai Nathan East, 8 bersaudara lahir dari pasangan Thomas dan Gwendolyn East pada tanggal 8 Desember 1955 di Philadelphia, PA. Saat usianya menginjak 4 tahun Nathan East beserta keluarganya pindah ke San Diego, CA, karena ayahnya mendapat tugas sebagai aerodynamic engineering.

Saat itu memang East telah akrab dengan melodi-melodi piano yang sering dimainkan oleh kedua orang tuanya. Musik selalu memenuhi rumahnya, adiknya Cecilia mahir bermain french horn dan sang kakak Gerty mahir bermain flute.

nathaneast.com

Masa kecilnya ketika East kelas tujuh, ia mulai belajar bermain cello pada orkestra sekolahnya. Lalu diusia 14 tahun, East mulai jatuh cinta dengan bass yang terinspirasi oleh David, sang kakak yang seorang pemain gitar. Akhirnya dia mulai memberanikan bermain untuk kelompok-kelompok gereja lokal bareng saudara-saudaranya termasuk pertunjukan rutin di Gereja di tenggara San Diego.

Singkat cerita, East terinfluens oleh salah para pemain jazz seperti Ray Brown, Ron Carter, Charles Mingus, Buster Williams dan Scott LaFaro tak hanya bass, dia pun terpikat suara legendaris Motown James Jamerson, Carole Kaye, Jack Bruce dan Cream, Paul McCartney dan Beatles yang terdengar di radio dan piringan hitam. Ketika mendengar Monk Mongomery memainkan lead melodi pada bass di album Reality, ia menyadari betapa kuat instrumen itu.

nathaneast.com

Bassists muda ini kemudian mulai bermain di sekolah nya pada ansambel jazz, marching band, paduan suara, dan juga Top 40 band lokal.

Bassists Francis Rocco Prestia dari Tower of Power, Verdine White dari Earth Wind & Fire and Larry Graham bersama Sly & the Family Stone adalah contoh seorang Bassist yang memiliki peranan besar dalam bandnya.

nathaneast.com

Influens East juga karena mendengarkan karya musik dari Wes Montgomery, Quincy Jones, Cannonball Adderley, Herbie Hancock, Wayne Shorter, George Benson, Bob James, Harvey Mason, Miles Davis, Jimi Hendrix dan Santana. Chuck Rainey sebagai salah satu pengaruh terbesar bagi Nathan East, mempengaruhi gaya melodi bassnya, penguasaan menggunakan double bass, memainkan akord, pilihan nada yang unik, rasa dan teknik .

Dari sisi pendewasaan bermusiknya, terobosan awal East ketika ia menjadi salah satu anggota dari sebuah band lokal bernama Power. Mereka menyewa rumah sebagai base came untuk Stax revue.Hingga menarik perhatian Barry White, yang kemudian mengontrak band ini untuk tur nasional.

nathaneast.com

Saat remaja, East menjadi anggota Love Unlimited Orchestra ( “Love’s Theme”) bermain di Apollo Theater, Madison Square Garden, Kennedy Center, Detroit’s Cobo Arena dan tempat-tempat besar di AS lainnya. Merupakan pengalaman hebat bagi musisi muda ini yang kemudian perjalanan karirnya menjadi luas.

Di tahun 1978, East mendapatkan gelar Bachelor of Arts Degree in Music Performance dari University of California San Diego. lalu mulai memperdalam gelar masternya, sampai suatu hari instruktur Bertram Turetzky menyarankan bahwa ia sudah punya cukup pendidikan dan sudah waktunya dia pindah ke Los Angeles untuk mencoba dan memulai karier musik yang lebih tinggi.

nathaneast.com

Barry White menghubunginya untuk bermain pada proyek-proyek rekaman. Pada awal 1980, veteran penulis / aransemen Gene Page, ketika East bekerjasama bersama White, mencari bassists untuk bermain pada sesi rekaman national Hertz Rent-a-Car commercial. Terkesan dengan kemampuan East dalam membaca partitur serta mahir memainkan beragam jenis musik, Page menggunakan East pada semua proyek-proyeknya termasuk rekaman untuk Whitney Houston, Madonna, Dionne Warwick dan Michael Jackson.

Sementara dikancah dunia rekaman, Nathan terus menjadi salah satu Bassists dunia yang paling populer, musisi dengan prestasi yang mengesankan terlibat lebih dari seribu kali rekaman. Dapat kita dengar dalam rekaman berbagai artis top internasional seperti Aretha Franklin, Ray Charles, Michael Jackson, Beyoncé, Michael McDonald, JJ Cale, Ry Cooder, Whitney Houston, Barbra Streisand, Celine Dion, Usher, The Bee Gees , Anita Baker, Toni Braxton, Justin Timberlake, Lionel Richie, Madonna, Julio Iglesias, Eurythmics, Kazumasa Oda, Joe Satriani, George Benson, Sergio Mendes, Mary J. Blige, Josh Groben, Taylor Hicks, Michael Bublé, David Benoit, Laura Pausini, Eros Ramazzotti dan Barry White.

Diusianya yang ke 53 tahun di 2017 ini, East mempersembahkan Kamu dapat menikmati album dari Nathan East yang tahun ini baru dirilis :

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account