Kompetisi Airsoft Fire Team Challange Meriahkan HUT Marinir Ke-72

Airsoft gun saat ini bukan lagi hanya permainan perang-perangan seperti yang kita kenal. Perkembangan hobi olahraga ketangkasan ini terus bertransformasi mengembangkan bentuk jenis permainannya hingga dapat diperlombakan.

Salah satu jenis pertandingan baru yang akan diperkenalkan ditahun ini adalah Fire Team Challange (FTC). Kategori baru yang diprakarsai oleh salah satu klub airsoft tanah air bernama SPARTAN, turut mewarnai kemeriahan Dirgahayu HUT ke-72 Korps Marinir di Bumi Marinir Cilandak KKO, Jakarta Selatan.

FTC Poster from ABU Indonesia

Menurut Bram Spartan Six, FTC diadopsi dari simulasi militer dalam melakukan penyerbuan, pembersihan dan penyelamatan sandera didalam sebuah bangunan berisikan berbagai model dan bentuk ruangan. Simulasi seperti ini biasa dikenal dengan istilah Close Quarter Battle atau Kill House.

Satu hal yang menjadi daya tarik bagi penggemar airsoft adalah dikarenakan kompetisi ini berupa simulasi militer yang di modifikasi dengan tantangan pada porsi endurance untuk menambah seru kompetisi tersebut. Dimana ketahanan fisik, kecepatan, tehnik bertempur, serta kerja sama team yang baik adalah penting dan menjadi kunci suksesnya dalam menyelesaikan misi yang diberikan.

Tiga unsur dalam team Spartan menyebutnya SES: Speed Endurance and Skill

Pada kompetisi ini setiap tim wajib menyelesaikan target yang diberikan dengan waktu dihitung sejak start dan berhenti saat mencapai garis finish. Perhitungan score adalah poin yang didapat dari menembak target dibagi dengan waktu yang dicapai. Penentuan pemenang berdasarkan dari nilai tertinggi.

Dalam pertandingan ini ada tiga mandatori wajib, yaitu posisi stack setiap dan setiap keluar rumah/bangunan, menggunakan pistol khusus target pistol, dan laras harus selalu kebawah atau keatas tidak mengarah ke penonton atau teman.

Pastinya untuk mengikuti pertandingan ini personel harus dalam kondisi kesehatan yang prima karena akan banyak menguras tenaga. Selain itu peralatan standar dipertandinagn yang harus kamu siapkan adalah: Helm, Pelindung mata, Vest (bukan chest rig), Gloves, Battle belt, Holster pistol, Kneepad, Boots/hiking shoes, Rifle unit, Handgun (tanpa asesoris), dan Rifle sling.

U.S. Army & Polish Special Forces – Kill House Exercise

Menariknya, yang membedakan FTC dengan jenis pertandingan lainnya adalah model pertandingan dibuat konsep sedemikian rupa agar pertandingan tersebut  mendekati operasi militer sebenarnya, sehingga para peserta dapat merasakan sensasi pertempuran layaknya prajurit sesungguhnya.

Untuk mendapatkan experience bertemakan marinir, komunitas khususnya A.B.U (Airsoft Brotherhood Unity) mendapat dukungan dari Korps Marinir dalam hal fasilitas berupa area pertandingan, perahu karet tempur tipe zodiac lengkap dengan pelampung standar militer.

Unsur endurancenya yang harus diterima bagi para peserta adalah mendayung perahu tersebut.  – Bram Spartan Six –

Bram juga menjelaskan, dikesempatan HUT MARINIR ke-72, saya memberikan sensasi Infiltrasi yang biasa dilakukan para marinir dengan mengunakan perahu karet militer, sebagai kendaraan  menuju sasaran dan  setelah menyelesaikan misi, para peserta harus kembali ke perahu dan melakukan exfill ke garis finish.

Bagaimana, apakah kalian tertarik merasakan sensasi serunya pertempuran ala marinir? ayo daftarkan team kamu sekarang juga.

1 Comment
  1. Ridwan 9 months ago

    Daftarnya dimana bro?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account