Hampir Terbuang, Komputer Paling Bersejarah Steve Jobs Dimuseumkan

Steve Jobs

Velodrome – Siapa yang tidak kenal dengan Steve Jobs? Ia merupakan salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia. Meskipun sudah meninggal sejak 5 oktober 2011 yang lalu, masih saja ada yang menarik untuk dibahas mengenai mantan pimpinan perusahaan raksasa Apple Inc ini.

Dahulu, Steve Jobs pernah diusir dari Apple sekitar tahun 1985, dan dia meninggalkan kantor begitu saja tanpa beres-beres atau membersihkan barang-barang pribadinya di ruang kantornya. Salah satu yang masih bisa dilihat yakni sebuah demo komputer Apple 1 yang ditinggalkan begitu saja oleh pria yang memiliki nama asli Steven Paul Jobs ini.

Komputer legendaris yang sudah sangat tua tersebut nyaris saja berakhir di tempat sampah karena akan segera dibuang. Namun, seorang engineer dari Apple yang bernama Don Hutmacher tidak tega melihat barang peninggalan Steve Jobs tersebut dibuang sia-sia, selanjutnya ia mengamankannya.

Image by cultofmac.com

Bertahun-tahun setelah Hutmacher meninggal, pihak keluarga teknisi mesin Apple tersebut menyerahkan komputer milik Steve Jobs tersebut ke museum Living Computer yang terdapat di Seattle, Amerika Serikat. Hingga kini, di sanalah komputer Apple pertama milik Steve Jobs tersebut ‘bersemayam’.

Perangkat ini merupakan pelopor yang digunakan Jobs untuk memberikan demo ke investor yang potensial. Sebagaimana dilansir dari Kompas Tekno, pihak museum menyebutkan jika komputer Apple pertama tersebut merupakan komputer paling bersejarah sepanjang masa sekaligus komputer paling membosankan lantaran bentuknya yang hanya berupa logam kotak dengan keyboard.

Baca Juga : Segala Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Apple

Apple 1 Steve Jobs ini sekarang disandingkan dengan Apple 1 lainnya dari tahun 1976 yang sebagian masih bisa digunakan sampai detik ini. Selain memamerkan hal itu, museum yang didirikan oleh Paul Allen, pendiri Microsoft ini juga memajang komputer lainnya yang bersejarah. Sebut saja Apple II, IIe, Lisa, Macintosh 128K dan beberapa diantaranya.

Saat ini memang jabatan Steve Jobs di Apple telah terganti. Namun, sebagian dari karyawan dari Apple menyebutan jika perusahaan kurang inovatif semenjak kepergian Jobs 6 tahun yang lalu.  Sosoknya dan kepemimpinan yang dimilikinya akan tetap terkenang oleh para pegawainya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account