Lagu Despacito Mendapat 34 Sertifikat Platino dari RIAA

Lagu Despacito Mendapat 34 Sertifikat Platino dari RIAA

Velodrome – Lagu Despacito milik Luis Fonsi dan Daddy Yankee yang merajai tangga lagu di beberapa negara di dunia, kemarin (19/6) menerima 34 sertifikat platino dari the Recording Industry Association of America (RIAA).

Kesuksesan Despacito memang mendunia dan banyak sekali sejarah yang dibuat, termasuk video musiknya di channel Youtube memegang rekor sebagai video musik lagu latin terbanyak ditonton. Dan nampaknya lagu ini belum selesai membuat kejutan termasuk betah merajai tangga lagu dunia.

RIAA sendiri merupakan organisasi yang mengemban tugas untuk memberikan penghargaan terhadap lagu, album, dengan sertifikat emas atau platinum. Kapan pun ada musik yang “pecah” atau layak mendapatkan sertifikat baik itu platinum atau emas, RIAA lah yang berhak menilai dan memberikan penghargaan tersebut.

Untuk mencapai sertifikat platinum sebuah lagu harus mencapai 1.000.000 copy untuk dijual, dan 500.000 untuk sertifikat emas atau gold. Sementara lagu latin membutuhkan rekor 30.000 copy, dan 60.000 copy untuk sertifikat platino (platinum untuk lagu berbahasa inggris murni).

Seperti yang dikabarkan sebelumnya oleh RIAA, kalau Despacito sudah mencapai angka 2.04 juta unit penjualan di Amerika Serikat saja, yang artinya sama dengan 34 penghargaan platino. Mungkin kalau lagu ini dirilis dalam bentuk inggris murni, lagu tersebut hanya mendapat double platinum, which is still impressive.

Ngomongin pencapaian Despacito, lagu yang diciptakan oleh Luis Fonsi dan Erika Ender ini merupakan 1 diantara 3 lagu berbahasa Spanyol yang menjadi hits nomor 1. Lagu Despacito sendiri berada di posisi ke dua di antara 3 lagu tersebut dengan “Macarena” berada paling atas.

Enggak ada yang bisa prediksi kapan Despacito akan lengser, nampaknya kalau pun nantinya lagu ini harus turun dari tangga lagu membutuhkan waktu yang cukup lama juga sampai akhirnya keluar dari chart top 100.

Lagu yang dibawakan oleh Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini juga disebut-sebut sebagai lagu musim panas terbaik loh. Enggak salah kalau Justin Bieber kepincut dengan lagu ini dan akhirnya bikin remix Despacito yang bikin lagu ini pecah lagi dan lagi.

Congrats Luis Fonsi, Daddy Yankee…..and Justin Bieber!

 

Source

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account