Ini Alasan Kenapa Lagu Hits Despacito Dilarang Tayang di Malaysia

Ini Alasan Kenapa Lagu Hits Despacito Dilarang Tayang di Malaysia

Velodrome – Lagu Despacito, hits yang jadi raja di hampir semua tangga lagu dunia yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi, Daddy Yankee, dan Justin Bieber ini tak boleh disiarkan di 44 radio di Malaysia. Alasannya karena lagu ini lembaga penyiaran Radio dan Televisi di Malaysia telang melarang hits.

Itu karena penyiar televisi Radio Televisyen Malaysia (RTM) telah mengeluarkan larangan menyusul adanya keluhan dari kelompok Muslim konservatif terkait liriknya yang dianggap terlalu eksplisit. Para penyiar kemudian memutuskan untuk menarik lagu tersebut dari radio.

Kami meminta stasiun radio untuk peka terhadap norma-norma lokal dan menerapkan penyensoran sendiri atas lagu tersebut,” kata Menteri Komunikasi dan Multimedia Negara Malaysia. Ia menambahkan bahwa stasiun radio harus mencabutnya dari siaran atau menyensor bagian-bagian yang eksplisit dari lagu tersebut.

Single yang dibawakan oleh penyanyi asal Puerto Rico, bersama Daddy Yankee dan Justin Bieber, baru-baru ini memecahkan rekor dunia sebagai lagu yang paling banyak didengarkan secara streaming, dengan lebih dari 4,6 miliar total streaming di seluruh dunia.

Lagu Despacito juga merajai tangga lagu di Malaysia, sementara posisi 2 dan 3 diduduki oleh remix dari lagu yang sama di iTunes Chart Malaysia, dan bertahan sebagai lagu paling banyak didengarkan melalui Spotify top 50 di negara yang sama.

Sebuah cover lagu Despacito versi Malaysia juga mendapat sambutan yang baik di Youtube dengan total 8juta penayangan.

Prestasi ini juga yang membuat kelompok muslim konservatif di negara mayoritas muslim tersebut khawatir. Di kutip dari The Star, dukungan dari kelompok wanita di Parti Amanah Negara pun mengalir untuk meminta penyiar berhenti memainkan lagu tersebut.

Walau pun meraih banyak rekor dan penghargaan dimana-mana dan menjadi sebuah fenomena yang tak memandang usia, lirik lagu Despacito itu memang menggabarkan tentang pertemuan seksual antara dua orang. Memang tak pantas rasanya bila lagu orang dewasa tersebut terdengar dan dinyanyikan oleh anak kecil, walaupun mereka belum memahami isinya apa.

But well yeah, lebih baik mencegah dari pada mengobati ya.

Sumber

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account