Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Pergi Mudik Lebaran

Velodrome – Bulan ramadhan yang tersisi beberapa hari lagi menandakan tradisi mudik lebaran pun segera di mulai. Banyak sekali penduduk di Indonesia di Kota-kota besar yang akan melakukan perjalanan mudik ke kota asal untuk merayakan hari raya idul fitri bersama sanak famili.

Nah buat kamu yang juga akan melakukan mudik lebaran, jangan sampai tempat yang kamu tinggalkan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Karena tidak sedikit kejadian naas yang terjadi ketika rumah atau tempat tinggal mu ditinggalkan dalam keadaan sepi dan dalam waktu yang cukup lama.

Agar hal-hal yang tak diinginkan menimpa tempat tinggal kesayangan mu, lakukan lah enam hal berikut ini :

1. Mematikan Listrik

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Pergi Mudik LebaranCek jaringan listrik di rumah mu. Jangan tinggalkan alat-alat elektronik masih terhubung ke jaringan listrik rumah untuk menghindari konslet yang terjadi baik karena cuaca atau hal lainnya. Kamu tidak akan pernah tahu akan seperti apa cuaca di rumah ketika kamu pergi mudik. Jadi lepaskan dan matikan jaringan listrik di rumah mu ya.

2. Mengecek Saluran Air

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Pergi Mudik LebaranCek kembali semua saluran air di rumah mu, jangan sampai kamu tinggalkan dalam keadaan terbuka. Tidak sedikit loh orang yang lupa mematikan keran air, alhasil ketika mereka pulang rumahnya banjir karena air yang terus-terusan mengalir. Terburuknya air mengenai alat-alat elektronik dan membuat jaringan listrik koslet dan menimbulkan api.

3. Periksa Tabung Gas

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Pergi Mudik LebaranKarena kamu tidak akan ada di rumah selama berhari-hari, pastikan tabung gas di rumah mu tidak bocor dan dalam keadaan yang aman. Hindari gas dari terpaan sinar matahari langsung. Jangan sampai kamu lupa cek tahunya tabung gas tersebut bocor lalu menguap dan memenuhi seisi rumah mu.

4. Kunci Kendaraan

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Pergi Mudik LebaranKalau kamu memilih pergi mudik dengan menggunakan pesawat atau kereta dan meninggalkan kendaraan mu di rumah jangan lupa untuk mengunci ganda kendaraan kamu. Bila ada sepeda motor ada baiknya kamu masukkan ke dalam rumah mu, jangan ditinggal di garasi, apalagi di tempat terbuka. Karena rumah mu sepi, maling akan lebih leluasa beraksi jadi tetap lah waspada.

5. Koordinasi Dengan RT dan RW

Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Kamu Pergi Mudik LebaranJangan lupa untuk melapor ke pada RT dan RW kalau kamu akan meninggalkan rumah mu. Laporkan kepada pihak terkait berapa lama kamu akan pergi dan kemana tujuan mudik lebaran kamu. Supaya pihak-pihak yang berwenang bisa ikut menjaga rumah kesayangan kamu.

6. Pastikan Rumah Terkunci

Saking euforia ingin mudik lebaran, kadang ada yang lupa mengunci rumahnya. Saking sudah enggak sabar dan banyaknya barang bawaan, jadi bolak balik angkut barang eh lupa mengunci rumah. Ini bahaya banget. Jadi pastikan rumah kamu sudah terkunci dengan rapat. Tak hanya pintunya tapi juga jendela. Gunakan gembok bila diperlukan.

 

Editor : MP Jathia

1 Comment
  1. aji saputra 10 months ago

    7. Penitipan Binatang
    Pastikan binatang peliharaanmu dititipkan atau dibawa sekalian kalo mudiknya lama.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account