Layar Smartphone Mampu Menyembuhkan Diri Setelah Retak

Velodrome – Smartphone ketika terjatuh di permukaan yang keras seringkali membuat layar jadi tergores dan paling parah retak. Dan jika memang hal ini terjadi, tentunya Anda harus membawanya ke service center untuk perbaikan layar yang retak tersebut. Biaya untuk merawat smartphone jadi membengkak karena hal-hal yang tak terduga seperti ini.

Namun di masa mendatang, Anda tak perlu lagi bersusah payah untuk memperbaiki layar smartphone yang retak tadi. Hal ini dikarenakan sudah ada sekelompok peneliti yang menemukan layar yang bisa ‘sembuh’ setelah tergores ataupun juga retak. Dan hal ini berarti, layar smartphone Anda akan bisa kembali seperti semula, mulus tanpa goresan sedikitpun.

Sekelompok peneliti ini merupakan ahi alam bidang kimia yang terdapat di University of California. Bahan baku utama yang digunakan untuk layar smartphone anti retak ini adalah polimer dan garam ionic yang mampu meregang dan bisa mencapai 50 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ukuran yang sebenarnya.

Sementara untuk kemampuan ‘meyembuhkan diri’ tersebut berasal dari bahan berupa ion dan molekul yang saling tarik menarik dengan sendirinya atau otomatis. Bahan baku untuk layar ini terdapat perekat khusus yang bernama ion-dipole interaction. Dan perekat ini berguna untuk membuat ion bermuatan positif bisa menempel ke kutub-kutub molekul nantinya.

Secara mudahnya, jika nanti layar tergores, ion dan juga molekul akan bergerak dengan cepat yang bisa membuat layar jadi mulus seperti sedia kala.

Berdasarkan pada sumber di Kompas Tekno, Chao Wang yang merupakan pimpinan penelitian tersebut menyebutkan jika bahan baku yang dipergunakan memiliki kemampuan  menyambungkan diri. Ia juga bercerita jika mereka memotong bahan baku menjadi dua bagian, selanjutnya dalam kurun waktu 24 jam, potongan tersebut bersatu kembali seperti sedia kala secara otomatis.

Baca Juga : Perpustakaan Canggih, James B. Hunt Gunakan Teknologi Masa Depan

Dan bahan baku ini sangat bermanfaat sekali untuk perkembangan dunia ponsel pintar. Layar semacam ini sebelumnya sudah pernah ada di LG G Flex. Meski begitu, pemakaiannya masih sangat terbatas pada bagian belakang cover smartphone saja.

Bahan baku yang ditemukan tim ahli kimia ini bisa menghantarkan listrik sehingga bisa dipakai untuk pelapis touch screen. Layar smartphone semacam ini kabarnya akan mulai diterpkan pada tahun 2020 mendatang. Terobosan baru yang akan membuat para pengguna smartphone jadi lebih nyaman dan aman.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account