Lebih Dekat Dengan Fret Gitar Agar Tone Maksimal

Velodrome – Seiring umur dan pemakaian, cepat atau lambat beberapa bagian mulai mengalami aus atau kerusakan. Tak terkecuali: fret. Walaupun terkesan kokoh dan solid karena terbuat dari logam, fret pada gitar dan bass akan terkikis karena frekuensi gesekan dan tekanan terus menerus dari senar yang ditekan sewaktu memainkan chord, bending, dan vibrato. Fret yang mulai aus atau bercelah (permukaan tidak rata, ada celah bekas senar) tentu saja membuat playability menjadi tidak nyaman.

Sementara pada sebagian kasus, fret yang aus dapat diperbaharui lagi dengan proses leveling (mera-
takan permukaan fret)
dan crowning (permukaan yang datar dibuat bundar kem- bali). Namun, fret yang sudah kehilangan 50% dari ketinggian awal lebih baik diganti untuk kemudian dipasang fret baru, istilahnya: refret.

Screen Shot 2016-07-10 at 8.19.30 AM Screen Shot 2016-07-10 at 8.19.45 AM

Material

Fret biasanya dijual dalam bentuk gulungan koil, batangan, atau yang sudah di- potong kecil sebanyak 24 buah seperti pada Accu-fret buatan Jim Dunlop. Material dasar fret bervariasi, namun umumnya fret berkualitas bagus seperti Dunlop dan Stewmac terbuat dari 18% Nickel Silver atau biasa disebut German Silver, mate- rial yang juga digunakan untuk cover logam pada pickup humbucker Gibson dan Seymour Duncan.

Lucunya, German silver sama sekali tidak mengandung silver (perak) dalam komposisi campuran logamnya, dimana 80% merupakan tembaga dan 18 % nickel sebagai bahan penguat. Sisanya merupakan campuran bahan bahan lain. Terdapat juga komposisi 12 % nickel dengan tingkat kekerasan yang lebih rendah.

Material fret yang juga cukup banyak diminati belakangan ini adalah dari stain- less steel. Keuntungannya, dengan bahan yang lebih keras, masa pemakaian juga lebih lama karena tingkat ke-ausan lebih rendah. Tetapi tingkat kesulitan proses pemasangan (press, hammer, level, dan crowning) pada fret stainless steel juga lebih tinggi, mengingat material yang lebih keras. Ini tentu saja akan memper- pendek umur alat-alat pemasangnya, seperti kikir dan tang potong. Karena itu tak banyak luthier yang bersedia memasang fret stainless steel jika tidak dilengkapi alat yang lebih canggih.

Untuk keberadaannya, fret stainless steel terbilang susah didapat di dalam negeri, kecuali dengan cara mengimport atau membeli neck custom yang sudah dipasang fret stainless steel. Bagan fret dapat dibagi kedalam tiga bagian: head, tang, dan barb. Bagian paling atas yang bundar biasa disebut crown.

Baca juga : Teori 7 modes pada gitar

Head adalah bagian yang
terlihat ketika terpasang
diatas fretboard. Tang
adalah bagian yang
ditanam ke dalam slot fretboard, dan barb adalah duri yang berfungsi seperti jangkar, menancap di dinding slot fretboard.

Screen Shot 2016-07-10 at 8.20.29 AM

Screen Shot 2016-07-10 at 8.20.05 AM Screen Shot 2016-07-10 at 8.20.05 AM Screen Shot 2016-07-10 at 8.21.21 AM

Fret yang dijual di toko (semisal Jim Dunlop atau fret StewMac) terdiri dari berbagai macam variasi ukuran. Untuk kamu yang tengah mempertimbangkan refret, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Ketika dipasang, fret akan kehilangan 10-20% dari
ketinggian semula.
  • Tinggi crown dan lebar fret menentukan kategori fret jumbo, medium, atau small.
  • Fret yang small membuat ujung jari menyentuh dengan fretboard, sedangkan pada fret jumbo, ujung jari tidak menyentuh fretboard langsung ketika senar dite- kan.
  • Jika tidak terbiasa, risiko nada menjadi fals lebih besar pada fret jumbo karena jari akan terus menekan senar
hingga menyentuh fretboard yang akan menaikan pitch menjadi sharp.
  • Sedikit tekanan ke senar pada fret jumbo sudah cukup untuk membunyikan nada.
  • Gitar gitar rock seperti Ibanez, Kramer, Jackson, ESP banyak menggunakan fret jumbo, yang disukai sebagian besar gitaris rock dan basist.
  • Fret jumbo memudahkan playability ketika melakukan bending karena ujung jari tidak bersentuhan dengan fretboard, ketika senar ditekan dan dibending.
  • Fret jumbo lebih awet karena dapat diperbaharui/di-dressing beberapa kali jika terkikis atau bercelah.
  • Feel fret jumbo (6000 & 6100) seperti memainkan gitar dengan fretboard scal- loped. Sebagian gitaris merasa jari lebih rileks , beberapa style lebih improved, teknik hammer-on dan pull off lebih mudah, tone lebih sustain karena penampang fret yang lebih besar.
  • Fender, Gibson, dan kebanyakan gitar akustik memakai fret medium, walaupun ukuran medium yang digunakan juga bervariasi. Neck fender awal menggunakan medium small (6230), sementara Gibson dikategorikan medium jumbo (6130).
  • Fret small lebih banyak digunakan pada banjo dan mandolin.
  • Intonasi dan tune lebih akurat pada fret medium dan small karena titik poin nada lebih kecil dari penampang yang tidak lebar.
  • Fret stainless steel memiliki tone lebih bright dibanding nickel silver yang dihin- dari para maniak vintage tone dan feel

Tabel Ukuran Fret :

Screen Shot 2016-07-10 at 8.21.28 AM

Tabel Ukuran Jumbo

Screen Shot 2016-07-10 at 8.21.41 AM

Tabel Ukuran Medium

Screen Shot 2016-07-10 at 8.21.47 AM

Tabel Ukuran Small

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account