Life Hacks : Manfaat Buah Lemon Untuk Keperluan Rumah Tangga

Velodrome – Sebagai buah, lemon merupakan salah satu sumber vitamin C. Manfaat lainnya, buah ini juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga. Salah satunya adalah sebagai pembersih. Tak heran kenapa banyak produk pembersih yang menggunakan lemon sebagai salah satu bahan pembuatnya.

Tips life hacks berikut ini akan menjelaskan manfaat atau kegunaan buah lemon untuk keperluan rumah tangga yang bisa kamu buat sendiri loh. Ada empat hal yang bisa kita lakukan menggunakan buah lemon tanpa harus ribet. Simak kegunaan buah lemon dan cara memanfaatkannya.

Alat pembersih

Manfaat buah lemon yang pertama adalah sebagai alat pembersih. Membersihkan microwave, membersihkan pisau, talenan, dan peralatan memasak lainnya akan lebih mudah menggunakan perasan jeruk lemon. Khusus untuk membersihkan microwave cukup campurkan satu setengah gelas air dengan 3 senduk perasan jeruk lemon, taruh campuran tersebut dalam sebuah mangkuk. Letakkan mangkuk tersebut di dalam microwave dan masak dalam panas tinggi selama 10 menit.

Uap yang dihasilkan dari campuran tersebut akan menyebar dan membuat noda-noda membandel dalam microwave luluh dan menjadikannya lebih mudah dibersihkan.

Selain untuk alat-alat rumah tangga, jeruk lemon juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian loh. Cara pemanfaatannya juga sangat mudah. Oleskan daging lemon pada noda membandel di baju lalu kucek selama kurang lebih 15 menit atau lebih bila diperlukan. Campurkan baking soda dan air untuk mempercepat proses.

Pengharum ruangan

Kalau kegunaan yang satu ini sih semuanya sudah tahu, apalagi sudah banyak produk pengharum ruangan yang menggunakan lemon sebagai salah satu aroma pilihannya. Tapi sebenarnya kamu bisa bikin pengharum ruangan sendiri loh, caranya mudah banget lagi.

Siapkan lemon yang sudah dipotong (jangan diiris), cengkeh secukupnya dan air. Campurkan ketiga bahan tadi lalu masak dalam suhu sedang, biarkan sampai mendidih. Ketika mendidih biarkan uap yang dihasilkan memenuhi ruangan.

Penolak serangga

Buah lemon merupakan pestisida natural yang bisa dimanfaatkan terutama untuk di dapur. Dapur merupakan tempat yang paling banyak dihuni oleh serangga. Peras buah lemon secukupnya lalu semprotkan hasil perasan tersebut di daerah yang sering dihinggapi oleh serangga termasuk jendela.

Bisa juga dengan membelah lemon menjadi dua lalu sematkan beberapa butir cengkeh ke dalam potongan tadi, letakkan dimana serangga biasa lewat. Semut dan kecoa tidak tahan dengan bau yang dihasilkan oleh lemon dan akan menjauh ketika mereka menciumnya.

Pengawet alami

Tidak butuh lama untuk beberapa buah seperti apel dan alpukat berubah menjadi coklat (busuk) ketika dibiarkan di udara terbuka. Untuk memperlambat proses ini peras beberapa buah lemon diatas buah-buahan tersebut. Air perasan lemon akan menahan proses oxidasi dan membuat buah-buahan terlihat lebih segar.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account