Kenalan Dengan Lima Costume Designer Film Berprestasi

Velodrome – Kali ini divertone akan membahas lima costume designer film yang paling banyak dinominasikan dan mendapat penghargaan dalam industri film internasional. Kelima orang ini terlibat dalam beberapa genre film mulai dari klasik, sci-fi, fantasy, dan thriller.

Jika Anda pernah melihat Alice in Wonderland atau The Grand Budapest Hotel, para desainer kostumnya mendapatkan penghargaan atas penggarapan film tersebut. Costume Designer bukan hanya pendukung film saja, tetapi menjadi faktor penentu yang sudah banyak disadari oleh sineas Hollywood dan negara barat lain sejak dulu.

Sebuah produksi film yang besar tentu membutuhkan tim yang besar yang diperbantukan untuk proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Pembuatan film yang ditujukan untuk pasar internasional, sebuah desainer produksi dan art director mempunyai peran yang sangat penting. Mereka menerjemahkan keinginan script writer dan sutradara dalan kehidupan nyata.

Pengerjaan desain produksi di bawah arahan art director biasanya membawahi set design, make up dan hairstyling, serta costume design (wardrobe). Pihak yang terlibat dalam urusan visual selain sinematografi ini sangat krusial untuk mendukung setting waktu, tema film, dan tempatnya.

Jika sebuah film tak serius menggarap desain produksinya, Anda pasti akan mengomentari film tersebut karena Anda anggap tidak sesuai dengan representasi setting atau malah Anda bisa saja tidak merasa masuk ke dalam suasana film tersebut. Kan gawat!! Bisa saja Anda tidak mau melanjutkan untuk menonton film itu.

Berikut ini para costume designer film yang mempunyai nama besar di industri perfilman dan seni drama pertunjukan.

Edith Head

Kenalan Dengan Lima Costume Designer Film Berprestasi

Desainer kostum kelahiran Los Angeles, California ini banyak mendesain kostum untuk film-film klasik sejak tahun 40an. Meskipun ia sudah meninggal pada 1981, jejak kariernya sangat diperhatikan karena memegang rekor terbanyak dalam memenangkan Academy Awards sebanyak 8 kali dan pernah dinominasikan sebanyak 35 kali.

Ia melewati tahapan sejak film masih greyscale (hitam putih)  sampai akhirnya berwarna. Salah satunya, ia memenangkan the Best Costume Design untuk film The Heiress pda 1950 yang masih berwarna hitam putih. Ia juga memenangkan kategori yang sama pada film Roman Holiday yang diproduksi pada tahun 1954 dan mendesain untuk bintang Hollywood Audrey Hepburn.

Ia banyak terlibat di rumah produksi seperti Universal Studios dan Paramount Pictures. Namanya ada di salah satu jajaran Hollywood Walk of Fame.

Irene Sharaff

Kenalan Dengan Lima Costume Designer Film Berprestasi

 

Sharaff adalah Desainer kostum asal Amerika yang aktif terlibat pada pembuatan film di era 60an. Meskipun sosoknya sudah tiada, banyak film klasik ternama yang membawa namanya ke permukaan. Sebut saja West Side Story (1961), Cleopatra (1963), Who’s Afraid of Virginia Woolf (1966), The Best Years of Our Lives, The King and I (1956), dan An American in Paris (1951) yang memangkan Academy Awards.

Ia memenangkan 5 piala Oscar dan pernah dinominasikan sebanyak 15 kali. Mulanya, ia berkarir sebagai fashion illustrator saat muda kemudian baralih menjadi desainer kostum untuk film. Selain terlibat dalam pembuatan kostum pada film, Sharaff juga mendesain kostum untuk seni pertunjukan broadway dan mendapatkan penghargaan Tony Awards.

Colleen Atwood

 

Kenalan Dengan Lima Costume Designer Film BerprestasiJika Anda menonton Academy Awards tahun ini, Atwood membawa pulang penghargaan The Best Costume Design untuk film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang disutradarai oleh David Yates. Ia bisa dibilang seorang desainer kostum yang sangat populer saat ini. Kebanyakan genre film yang memunculkan namanya adalah film-film fantasi dan kultural historis.

Melihat kariernya, Atwood pernah memenangkan kategori yang sama untuk film Chicago (2002), Memoirs of a Geisha (2005), dan Alice in Wonderland (2010). Ia banyak bekerjasama dengan sutradara Tim Burton, Rob Marshall, dan Jonathan Demme. Sejauh ini, Atwood memegang penghargaan Oscar sebanayak 4 kali dan pernah dinominasikan sebanyak  12 kali. Selain di film, ia juga terlibat untuk costume desain serial televisi seperti The Flash dan Arrow.

Milena Canonero

Kenalan Dengan Lima Costume Designer Film Berprestasi

Desainer kostum asal Italia ini muncul kembali setelah memenangkan The Best Costume Design untuk film The Grand Budapest Hotel pada Oscars 2015. Sebelumnya, ia memenangkan kategori yang sama untuk film remake Marie Antoinette yang diproduksi pada 2006.

The Grand Budapest Hotel adalah comeback time bagi seorang Canonero dalam mendesain kostum dalam film yang banyak memenangkan beberapa kategori tersebut. Sebelumnya, ia juga pernah memenangkan Academy Awards pada 1976 dan 1982 untuk film Barry Lyndon dan Chariots of Fire.  Sejauh ini, ia mendapat penghargaan Academy Awards sebanyak 4 kali dan pernah dinominasikan sebanyak 9 kali.

Sandy Powell

Kenalan Dengan Lima Costume Designer Film Berprestasi

Desainer kostum asal Inggris ini memegang 3 penghargaan Oscars untuk film Shakespeare in Love (1998), The Aviator (2004), dan The Young Victoria (2009). Ia pernah dinominasikan sebanyak 12 kali untuk kategori The Best Costume Design di Academy Awards. Wanita kelahiran London, Inggris, itu ternyata tidak merampungkan studinya di Saint Martin’s School of Art London dan memilih bekerjasama dengan sutradara sekaligus seniman, Derek Jarman. Ia banyak bekerjasama dengan sutradara Martin Scorsese untuk penggarapan 6 film yang pernah ia produksi.

Itulah kelima desainer kostum dunia dalam film yang diperhitungkan namanya. Jika Anda suka mendesain, tidak ada salahnya belajar desain kostum selain menjadi fashion designer. Apalagi, jika Anda punya ide yang lair dan fantastis, film punya wadah yang lebih luas untuk menyalurkan bakat Anda dibanding fashion design yang harus memperhatikan faktor keterpakaian.

Foto : Berbagai Sumber

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account