Inilah Lima Manfaat Serat yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Lima Manfaat Serat yang Perlu Anda Ketahui

Velodrome – Anjuran untuk memakan lebih banyak sayur atau buah-buahan berasal dari banyaknya manfaat serta yang berasal dari buah dan sayur. Karena tak bisa dipungkiri jika sayuran dan juga buah-buahan memiliki kandungan fiber atau serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

Nah bagi Ada yang selama ini masih malas-malasan untuk mengosumsi yang namanya serat, berikut ini 5 manfaat serat seperti dilansir dari Eatingwell.com.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang saat ini tengah berjuang keras untuk menurunkan berat badan, jangan ragu-ragu untuk memperbanyak asupan serat di dalam diet. Selain membuat pencernaan menjadi lancar serat ini juga akan membuat perut senantiasa menjadi kenyang. Jadi resiko nyamil setidaknya bisa diminimalisr dengan baik. Maka dari itu selalu siap sedia sayur dan buah-buahan di dalam kulkas ya. Solusi yang begit cerdas untuk Anda yang tengah berdiet bukan?

Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Sebagai informasi, diabetes tipe 2 ini disebabkan lantaran tubuh tidak mampu memproduksi insulin sesuai dengan kenutuhan tubuh. Dan penyakit satu ini banyak diderita oleh mereka yang mengalami obesitas.  Nah, jika Anda mengosumsi serat dengan cukup, serat ini akan memperlambat masuknya nutrisi seperti halnya glukosa ke dalam darah. Pelepasan glukosa yang lebih lambat ini akan memungkinkan insulin terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Jadi resiko tersebut bisa diminimalisir dengan baik.

Mengatasi Sembelit

Kekurangan serat bisa mengakibatkan pencernaan tidak lancar, maka dari itu Anda dianjurkan untuk mengosumsinya dalam jumlah yang banyak. Untuk Anda ketahui, serat ini sangat penting untuk merangsang gerakan usus sekaligus menyerap air dan melembutkan kotoran. Selain itu serat juga menambah massa kotoran sehingga tinja bisa dikeluarkan lebih cepat. Dan jika begini Anda akan jauh-jauh dari yang namanya sembelit.

Tunjang Tulang yang Lebih Sehat

Sejumlah serat larut (soluble fiber) yang memiliki julukan sebagai prebiotic yang terdapat pada asparagus, daun bawang, kedelai, dan juga gandum terbukti ampuh dalam meningkatkan ketersediaan kalsium. Dan jika Anda rutin mengosumsi jenis-jenis serat yang sudah disebutkan sebelumnya, tulang jadi akan semakin padat, sehat, dan juga kuat.

Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat

Saat dikonsumsi, di dalam tubuh serat akan membuat partikel kolesterol yang melekat di dalam tubuh dibuang sebagai limbah. Kolestrol ini sendiri didapakan oleh tubuh karena sering mengosumsi berbagai makanan yang mengandung lemak. Jika dibiarkan kolesterol ini akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti halnya jantung, stroke, dan juga diabetes.

Maka dari itu jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat seperti halnya sayuran, buah-buahan dan biji-bijian agar kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account