Makassar Wakilkan Asia Pasifik di IBM Smart City Challenges

Makassar Wakilkan Asia Pasifik di IBM Smart City Challenges

Velodrome – Smart City atau kota cerdas, belakangan sudah mulai diterapkan di berbagai kota di dunia, bahkan juga di Indonesia sendiri. Salah satu Smart City di Indonesia yang dinilai mendulang keberhasilan adalah kota Makassar.

Oleh sebab itulah, the United Nations Development Program (UNDP) Jakarta merekomendasikan Makassar untuk turut serta dalam International Business Machine (IBM) Smart City Challenges.

Berdasarkan sumber di Tribunnews, Makassar merupakan salah satu dari dua kota di Asia Pasifik yang direkomendasikan Lembaga Jaringan Pembangunan Global Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Kota lainnya yang dianggap ‘mumpuni’ dalam hal ini adalah kota yang berada di Maladewa.

Makassar direkomendasikan oleh UNDP ini berdasrkan pada tiga indikator. Siprianus Bate Sori selaku staf UNDP Jakarta menyebutkan ketiga indikator tersebut, pertama, UNDP melihat komitmen yang tinggi perihal pembangunan Smart City di kota Makassar.

Alasan yang kedua adalah komitmen yang dimiliki Makassar dalam memimpin daerahnya. Hal ini bisa dibilang menjadi indikator yang cukup penting dalam menjadi pertimbangan memasukkan Makassar ke IBM Challenges. Indikator yang terakhir yakni terlihat dinamika yang menginginkan kehidupan yang lebih baik yang terlihat di masyarakat Makassar.

Supranus menyebutkan jika dirinya telah lama melakukan pengamatan terhadap kedua kota tersebut. Hasilnya, Makassar dan kota di Maladewa mewakili Asia Pasifik dalam kontes tersebut.

(Baca juga : OneSmile App, Wujud Nyata Digital Smart City di Indonesia)

IBM Challenges sendiri memiliki reputasi yang cukup baik. Jadi dengan kata lain, jika Makassar direkomendasikan untuk mengikuti kontes tersebut, kota di Indonesia ini dinilai menjadi contoh terbaik. Dan tentunya nanti wali kotanya bakal dimintai gagasan sehingga bisa menjadi inspirasi untk negara lainnya di dunia.

Terkait hal tersebut, Moh. Ramdhan Pomanto selaku Wali Kota Makassar menyebutkan jika masuknya kota yang dipimpinya pada tantangan ini tidak lain karena inovasi Smart City dengan basis sombere.

Pengaplikasiannya pada layanan kesehatan, pendidikan, Home Care, dan Smart Card yang 2 tahun terakhir telah dipergunakan warga Makassar. Tentunya ini menjadi awal yang baik agar Makassar menjadi pelopor Smart City di Indonesia.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account