Malware Judy, Ancaman Baru Keamanan di Smartphone Berbasis Android

Malware

Velodrome – Sistem keamanan dunia maya kembali diobrak-abrik, sebuah malware baru ditemukan dan sekarang sudah menyerang puluhan juta smartphone Android di seluruh dunia. Setelah beberapa waktu yang lalu dunia dihebohkan dengan serangan masif ransomware WannaCary.

Dilansir dari huffingtonpost.in, penelitian terbaru dari Checkpoint Security menyebutkan jika telah ditemukan malware baru bernama ‘Judy’. Dan ternyata, malware ini telah menjangkiti kurang lebih 36.5 juta perangkat Android. Dan malware jahat ini paling banyak terdistribusi di Google Play, oleh sebab itulah untuk sementara Android terkena serangan yang parah.

Apa Sebenarnya Judy?

Image by indianexpress.com

Judy ini sebenarnya merupakan sebuah permainan masak memasak. Aplikasi game ini ’dipinjam’ oleh hacker. Setelah terinstall di smartphone, aplikasi ini akan mengklik iklan di Google dan akan memberikan pendapatan terhadap pelaku. Dan begitulah cara yang digunakan Judy ini untuk menghindari perlindungan di Google Play.

Judy ini diciptakan oleh perusahaan Korea bernama Kiniwini, terdaftar di Play Store sebagai ENISTUDIO.com. Pengembang game Judy ini menerbitkan aplikasi untuk smartphone berbasis iOS dan juga Android. Namun sejauh ini, Judy ini diketahui baru menyerang smartphone berbasis Android.

Baca Juga : Himbauan Kepada Seluruh Negara Agar Memperkuat Pertahanan Siber

Apakah Aplikasi Ini Berbahaya?

Meskipun Google menyebutkan telah memindai secara teratur Play Store, namun Judy ini membuktikan jika keamanan dari Google Bouncer masih bisa dibobol dengan mudah. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dalam mendownload sebuah aplikasi terlebih lagi untuk aplikasi yang kurang familiar.

Jika Judy ini sudah masuk ke dalam smartphone, secara diam-diam akan mendaftar ke receiver dan membuat koneksi dengan server command dan control. Lalu server akan mengirimkan data berbahaya yang bisa dikendalikan oleh pembuat malware ini.

Bagaimana Cara Mengatahui Sebuah Smartphone Terserang Judy?

Untuk sementara ini satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan hanyalah melihat di smartphone apakah sudah menginstall game ini atau tidak. Tidak ada cara atau alat lainnya untuk mengecek smartphone apakah sudah terjangkit atau belum.

Dan jika sekiranya diketahui ada game ini, secepatnya lakukan format ulang agar tidak membuat Anda rugi, terlebih lagi jika smartphone digunakan untuk berbagai pembayaran atau transaksi.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account