Memahami Film Dunkirk, Kisah Kelam Sekutu di Awal Perang Dunia II

Memahami Film Dunkirk, Kisah Kelam Sekutu di Awal Perang Dunia II

Velodrome – Karya terbaru Christopher Nolan film Dunkirk, saat ini sedang merajai puncak box office di berbagai negara. Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata dengan latar belakang proses evakuasi tentara Inggris dari daratan Eropa di awal perang dunia ke-2 ini mendapat banyak pujian dari para kritikus.

Tetapi sebenarnya apa yang membuat tentara Inggris terdesak sampai ke Dunkirk dan harus segera meninggalkan Eropa ?

Latar Belakang

Pada bulan Oktober 1939, sebulan setelah pecahnya perang dunia ke-2 yang dimulai dengan invasi tentara Jerman ke Polandia atau dikenal dengan Blitzkrieg (serangan kilat ), para petinggi militer Jerman mulai menyusun rencana untuk menyerang sekutu di Eropa barat.

Awalnya rencana penyerangan adalah dengan menyerang dalam garis paralel, dan menempatkan divisi tentara secara sejajar. Kemudian muncul lah seorang jenderal baru Erich von Manstein yang mempunyai ide brilian untuk melancarkan serangan kilat dengan mengumpulkan seluruh divisi panser dalam kesatuan lalu menyerang secara mendadak. Rencana serangan kilat ini didukung oleh Jenderal Guderian dengan pasukan pansernya.

Rencana Manstein adalah dengan sengaja menarik perhatian lawan ke arah Belanda dan Belgia melalui utara yang akan diserbu oleh Army Group B dengan melakukan persiapan yang sangat mencolok. Pihak sekutu mengira Army Group B inilah yang akan menjadi serangan utama Jerman. Ternyata offensif Jerman kali ini justru melalui Army Group A di sisi selatan.

Pasukan sekutu pada waktu itu sebenarnya mempunyai divisi yang lebih kuat yaitu 130 divisi sementara Jerman hanya mempunyai 110 divisi. Prancis sendiri mempunyai tentara terbesar di Eropa dan memiliki benteng Maginot Lini, sebagai pertahanan kokoh di sepanjang perbatasan dengan Belgia.

Secara tak terduga menyerbulah ratusan tank Jerman ke Ardennes yang diteruskan secara kilat ke arah barat. Hanya dalam beberapa hari pasukan Jerman tiba di utara Perancis dan menguasai kota-kota di Prancis. Kejatuhan Perancis tinggal menunggu waktu.

Dengan serangan kilat ini posisi tentara Inggris – Perancis terpecah juga terkepung imbas menyebarkan ribuan tank di sepanjang perbatasan dari Selatan (Swiss) sampai utara (Belgia). Sedangkan Jerman memusatkan tank yang ada di kawasan hutan Ardennes yang tidak dijaga ketat oleh Perancis.

Dunkirk

Karena tak ditahan, dalam beberapa hari saja tibalah pasukan panser Jerman di Abeville, Boulogne dan Calais. Tanggal 23 Mei 1940, Jerman hanya beberapa mil dari pelabuhan Dunkirk dimana ratusan ribu pasukan Inggris-Perancis berkumpul untuk mengungsi ke Inggris.

Jenderal Guderian bisa melihat kota Dunkirk, tetapi pada saat itu Hitler campur tangan dengan memerintahkan pasukan tank Guderian berhenti dan tidak boleh maju ke Dunkirk. Jerman hanya mengerahkan  pesawat stuka untuk mengganggu jalannya evakuasi. Inilah kemudian yang menjadi salah satu teka teki perang dunia ke-2.

Dengan didukung oleh kapal-kapal perang dibantu kapal penumpang, kapal pesiar, dan bahkan kapal nelayan, semua kekuatan maritim Inggris dikerahkan untuk memindahkan ratusan ribu manusia hanya dalam tempo beberapa hari. Dengan sisa 350 ribu tentara itu kemudian Inggris bisa membentuk tentara baru.

Menurut seorang penulis sejarah perang Eropa, Chesster Wilmot, mengungkapkan bahwa kekalahan Jerman dan pembebasan Eropa telah dimulai di Dunkirk.

Alasan Hitler

Ada beberapa alasan Hitler tidak langsung menyerang Dunkirk. Untuk motif militer, Hitler menilai wilayah Dunkirk tidak cocok untuk pertempuran tank. Motif ini ditolak oleh Guderian. Sementara motif politik adalah Hitler menghindari terjadinya perang dua front.

Hitler sengaja membiarkan Inggris lolos di Dunkirk dengan harapan Inggris bersedia berdamai dengan Jerman ( yang kemudian tidak terjadi sehingga terjadilah Battle of Britain di kemudian hari. ) Bagaimanapun Dunkirk adalah blunder pertama Hitler di perang dunia ke-2.

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account