Lima Hal Penting Membuat Film Pendek Untuk Pemula

Lima Hal Penting Membuat Film Pendek untuk Pemula

Velodrome – Film pendek memang tidak identik dengan kata populer. Short film feature lebih kerap diputar di festival film dan teater kecil. Namun, bukan berarti film pendek tidak bisa meraih kesuksesan. Nyatanya film pendek banyak membuat nama-nama dibalik layar meroket dan diadaptasi film panjang.

Kesukesan bisnis bukan segalanya tetapi kesuksesan pengaruh dan intelektualitas kadang menjadi kesuksesan yang berdampak lebih signifikan.

Sudah banyak film pendek yang berdurasi antara 10 menit sampai 20 menit dan bisa membuat penontonnya berpikir, tergerak, terinspirasi, bahkan mengubah cara pandang penikmatnya.

Beberapa film maker Indonesia pun banyak yang mencuat namanya di Festival Film Cannes. Panggung Besar Academy Awards pun memberikan tempat tersendiri untuk nominasi film pendek yang dinilai memenuhi kategori film pendek terbaik.

Jika Anda seorang sineas muda, tidak ada salahnya memulai karir Anda melalui film pendek. Langkah ini merupakan upaya untuk membuat karya sinematografi tanpa memikirkan budget dan desain produksi yang besar seperti film panjang.

Nah berikut ini beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membuat film pendek yang kemungkinan bisa sukses seperti film Prenjak karya Wregas Banuteja.

Fokus Ide dan Plot

Lima Hal Penting Membuat Film Pendek untuk Pemula

Image : Tribun Style

Para filmaker terkadang mempunyai ide-ide cerita besar untuk diadaptasi dalam sebuah film. Film pendek tidak harus berangkat dari ide yang besar. Hal kecil tetapi menarik bisa juga menjadi pilihan plot yang bagus. Perumpamaannya film pendek adalah sebuah cerpen dan film panjang adalah sebuah novel.

Cerita yang sederhana dengan fokus inti pesan adalah pilihan terbaik. Kompleksitas cerita, dinamika dan alur beragam bukan ide yang baik. Tantangan terbesar dalam film pendek adalah kemampun untuk menerjemahkan sebuah cerita yang mampu merangkum awal, tengah dan akhir cerita.

Faktanya, banyak filmaker yang terjebak dalam orientasi film panjang karena ceritanya terlalu kompleks dan memiliki turunan cerita.

Korelasi Durasi dan Cerita

Lima Hal Penting Membuat Film Pendek untuk Pemula

Image : Jakartakita.com

Tim produksi baik produser, penulis naskah, dan, sutradara harus mempunyai kedispilan terhadap durasi. Hal ini pula yang akan memudahkan proses produksi dan penulisan naskah untuk menciptakan cerita yang pas tanpa menimbulkan tanda tanya kepada penonton.

Durasi juga akan membantu tim produksi untuk membuat sebuah cerita dalam film pendek yang fokus dan keep story on the track.

Manfaatkan Peralatan Syuting dengan Skill Sinematografi

Lima Hal Penting Membuat Film Pendek untuk Pemula

Image : Iwang Sadewa

Peralatan syuting juga kadang menjadi tantangan tersendiri karena proses produksi terganjal fasilitas yang canggih. Namun, hal tersebut bisa disiasati dengan meminjam peralatan pada rekan Anda.

Skill sinematografi adalah faktor yang akan menolong Anda untuk membuat sinematografi seperti karya film feature panjang.

Manfaatkan pencahayaan natural, homemade gear, dan skill sinematografi Anda agar film pendek tersebut tidak terlalu  terkesan amatir.

Efektifitas Budget dan Desain Produksi

Lima Hal Penting Membuat Film Pendek untuk Pemula

Image : TribunTravel.com

Tugas produser adalah memastikan everything is going well terutama saat produksi berjalan dan pasca produksi. Mendanai film pendek memang tidak akan terlalu menarik bagi para sponsor tetapi dana tersebut bisa diperoleh dari crowd funding atau membuat budget yang Ada dengan rumusan yang efektif dan efisien.

Selalu pikirkan possibility budget dengan desain produksi. Desain produksi seperti wardrobe, make up, set desain perlu memperhatikan budget agar Anda tidak perlu berpikir keras pada saat pasca produksi. Embrace the art of short film by maximizing and managing everything you have.

Media Sosial dan Screening

Lima Hal Penting Membuat Film Pendek untuk Pemula

Image : Uwishunu.com

Tim produksi mempunyai pilihan penayangan film pendek untuk disebarkan secara masif atau hanya akan dipertontonkan secara terbatas. Jika Anda berencana menayangkan karya Anda secara masif, platform media sosial berbasis video sepeti youtube dan situs lainnya adalah pilihan yang tepat.

Anda juga akan langsung melihat masyarakat yang menonton melalui jumlah viewer dan mengulas komentar dari para penonton yang menikmati karya film pendek Anda. Jika film Anda ditujukan untuk festival, mulailah bekerjasama dengan komunitas film yang akan menayangkan film Anda.

Tidak Ada salahnya ikut dalam kompetisi festival film lokal di daerah untuk melihat apresiasi film tersebut dari kalangan yang lebih kompeten. Dari situ Anda bisa belajar untuk membuat karya film pendek yang lebih baik. Jika sukses meraup atensi di festival film lokal, siapa tahu film Anda akan dipertimbangkan ditingkat nasional ataupun internasional.

Berani berkarya adalah pembelajaran yang paling nyata. Pembekalan secara keilmuan dalam perfilman kadang akan luntur jika Anda tidak mempraktikkannya. Start from the short movie, and then you go bigger. Selamat berkarya!

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account