Menelusuri Meriahnya Festival Ramadhan di Turki

Menelusuri Meriahnya Festival Ramadhan di Istanbul

Velodrome – Selain Indonesia, Turki adalah salah satu negara yang memiliki tradisi mengadakan festival ramadhan. Bahkan di Istanbul festival tersebut diadakan super besar. Banyak orang termasuk turis yang meluangkan waktunya untuk mengunjungi festival yang rutin diadakan tiap tahun tersebut.

Bagi kalangan muslim di Turki, Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu untuk merayakannya dengan penuh kemeriahan. Tahun 2017, Festival Ramadhan di Turki dihelat di Istanbul Metropolitan Municipality (IBB), di kota, Istanbul.

Menelusuri Meriahnya Festival Ramadhan di Turki

Salah satu Festival Ramadhan di ibu kota Turki, Ankara. – Eramuslim.com

Di Festival Ramadhan tersebut bisa ditemui masyarakat dan wisatawan di beberapa tempat umum seperti Yenikapi dan Matepe city parks. Kedua wilayah tersebut merupakan tempat bersejarah dan distrik spiritual dari jantung Istanbul yakni Sultanahmet dan Beyyazit.

Selama bulan ramadhan, festival tersebut tidak hanya menarik masyarakat beragama islam tetapi juga agama lain. Di Turki, toleransi antar umat beragama sangatlah kuat sehingga momen ramadhan menjadi waktu untuk silaturahmi tanpa melihat latar belakang agama mereka.

Festival yang diselenggarakan serentak di beberapa wilayah tersebut memiliki banyak sekali suguhan acara termasuk musik sufi, konser, malam puisi, seni tradisional, panel session, beserta acara lainnya yang bisa dinikmati sebulan penuh. It’s big festival, indeed!!

Menelusuri Meriahnya Festival Ramadhan di Turki

Suasana berbuka di Festival Ramadhan, Istanbul

Menariknya lagi, warga Istanbul yang berada di sekitaran festival bisa menikmati sajian kuliner mulai dari sebelum buka puasa hingga waktu sahur atau pre-dawn meal. Semuanya serba lengkap termasuk hiburan bagi anak-anak yang bisa menikmati beberapa permaian dan ikut kompetisi seni tradisional Islam.

Food lovers cocok banget berkunjung ke Festival Ramadhan di Istanbul karena banyak pilihan menu makanan mulai dari street food, pop up restaurant, dan menu makanan fancy ala chef ternama.

Khusus di Sultanahmet Square yang menjadi alun-alun teramai, ada sajian Century-Old Tastes dan Art Market. Pengunjung bisa menikmati Ottonom cuisine dan mencoba jasa seni kaligrafi yang ditawarkan oleh seniman lokal.

Menelusuri Meriahnya Festival Ramadhan di TurkiLain halnya di Yenikapi yang mengadakan Festival Ramadhan paling besar di Turki bagian wilayah sisi Eropa. Lokasi festival seluas 700 meter persegi tersebut juga menawarkan fasilitas Wi-Fi, ruang kesehatan, telepon gratis, dan berbagai tipe pasar raya. Festival ini biasanya bisa mengundang hingga 1 juta pengunjung dengan rata-rata pengunjung 25.000 orang per harinya.

Pada bagian sisi Asia Istanbul yakni Maltepe, Festival Ramadhan digelar di lokasi seluas 1,2 juta meter persegi yang membuat pengunjung tidak akan kehabisan hiburan. Suguhan menarik di Maltepe lebih condong pada pertunjukan seni seperi konser, band, shadow play, stage plays, dan screening film. Jika berkunjung ke Maltepe, festival ini tidak akan sepi pengunjung hingga waktu sahur tiba. Ramadhan till drop!

Di Beyazit Square, pengunjung akan merasakan suasana spiritual yang lebih kuat dibandingkan festival di lokasi lainnya. Pertunjukan yang disuguhkan pun seputaran musik Sui dan pembacaan puisi. pengunjung juga bisa mampir ke pameran buku dan budaya yakni Turkey Book dan Culture Fair, yang pastinya banyak buku diskon loh.

Seperti tradisi yang selalu hadir setiap tahun, Festival Ramadhan yang digelar IBB ini membawa banyak warga Istanbul dan wisatawan berkumpul menjadi satu dalam moment buka puasa sembari menciptakan solidaritas selama bulan puasa.

Setiap harinya sekitar 50.000 orang berbagi meja makan untuk menikmati waktu makan buka dan sahur dengan suasana hangat di bulan Ramadhan.

So, bagi kamu yang punya budget travel di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya menghabiskan bulan puasa sesekali di Turki dan pastinya jangan lewatkan Festival Ramadhan di sana.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account