Mengapa Lagu ‘Despacito’ Menjadi Fenomenal

Velodrome – Dunia musik saat ini sedang dihebohkan dengan ‘meledaknya’ lagu ‘Despacito’. Lagu yang berasal dari ‘Puerto Rico’ ini telah terjual sebanyak 1,2 juta dan menjadi nomor satu di 50 negara di dunia sejak dirilis pada 13 Januari 2017 lalu.

Lagu ‘Despacito’ dinyanyikan oleh penyanyi asal Puarto Rico, Luis Fonsi berkolaborasi dengan rapper asal Puerto Rico,  Daddy Yankee, dibawah label Universal Latin. Lagu ditulis oleh Luis Fonsi, Erika Ender dan Daddy Yankee dan diproduseri oleh Andrés Torres dan Mauricio Rengifo.

Beberapa versi dari lagu beraliran  reggaeton-pop kemudian bermunculan termasuk yang paling fenomenal dibawakan penyanyi pop asal Kanada, Justin Bieber. Lagu ini sendiri pada awalnya dibuat oleh penyanyi bernama asli Luis Alfonso Rodríguez López-Cepero atau Luis Fonsi dalam versi balada sebelum dia memutuskan untuk menjadikan versi yang sekarang.

Berbagai kontroversi juga terdapat dalam lagu ini yang liriknya dianggap terlalu vulgar.  NME mencoba mengulas mengapa lagu ini bisa menjadi  fenomenal dan layak disebut ‘ song of the summer ‘

  1. Akar dari musik latin membawa berkah kesuksesan 

Sudah lama lagu berbahasa latin tidak terangkat menjadi hits di seluruh dunia sejak lagu ‘Macarena’ di tahun 1996. Luis Fonsi sendiri tidak menyangka lagu ini bisa mendunia. Walaupun dia beberapa lagunya masuk dalam top chart latin, tetapi baru dengan lagu ini dia dikenal di seluruh dunia.

2.  Efek Justin Bieber membawa perbedaan

Lagu ‘Despacito’ versi remix  Daddy Yankee bersama Justin Biber menjadi awal dari sihir itu dimulai. Walaupun lagu ini sudah mulai populer di kampung halaman Fonsi, Puerto Rico, tetapi memasukkan sang bintang pop ke dalam lagu membawa perbedaan besar. Dua kubu berbeda, pop musik dan latin urban menjadikan lagu ini menjadi fenomenal.

3.  Chart streaming membuat itu bisa terjadi

Berbeda dengan waktu dahulu saat kejayaan Ricky Martin, saat ini kita hidup di zaman berbeda dimana satu streaming yang sukses di suatu tempat, bisa membawa implikasi di tempat lain. Kesuksesan di satu negara bisa menular ke negara lain. Seperti ocontohnya lagu OMI ‘Cheerleader’ di tahun 2014 yang sukses di Jamaika, bisa mendunia setelah diberi sentuhan dari Felix Jaehn.

4.  Sedikit Kontroversi

Dari segi lirik lagu ini sudah menimbulkan kontroversi terutama dari tanggapan dari media. Selain itu Justin Biber juga menyulut kontroversi saat tampil di bulan Mei dengan lupa akan lirik lagu tersebut. Dia juga kemudian dilempari botol saat tampil di festival Summerburst dan menolak untuk membawakan lagu tersebut. Luis Fonsi kemudian memberikan pembelaan tentang itu.

5.  Karena kehebatan lagu itu sendiri

Kesuksesan lagu ‘Despacito’ juga karena peran dari label sendiri jusru mendeskreditkan lagu itu sendiri. Perubahan tempo dalam lagu sebelum chorus dari dua bahasa Inggris-Spanyol dinyanyikan Bieber menjadikan keunikan tersendiri, Seperti yang diungkapkan Fonsi kepada CNN, “Itu terasa spesial karena sangat sederhana namun sangat catchy,”

Nah, apalagi kerennya lagu Despacito menurut kamu?

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account