Mengaplikasikan Teori Tapping Pada Bass (Part 1)

Velodrome – Setelah beberapa waktu lalu kita membahas mengenai modes 2 oktaf, kali ini saya akan membahas mengenai aplikasi modes 2 oktaf, dalam sebuah teknik pada bass, yaitu tapping.

Tapping adalah salah satu teknik bermain bass dengan cara menekan (tap) senar di fret sehingga menimbulkan bunyi yang khas. Teknik ini sering dimainkan oleh banyak pemain gitar seperti Emmet Chapman sejak tahun 1969, Eddie Van Halen sejak tahun 1976, Stanley Jordan, dan juga Balawan dari Indonesia. Akhirnya teknik ini juga di adopsi oleh para pemain bass dunia seperti Billy Sheehan, Victor Wooten, Michael Manring, dan lain-lain, serta Arya Setyadi dari Indonesia.

Tapping dibagi menjadi 2 bagian: tapping secara linear dan tapping secara independen. Untuk kali ini, kami akan lebih mengkhususkan pada tapping independen.

Tapping independen adalah tapping yang dilakukan tangan kiri dan tangan kanan secara individu dengan pattern masing – masing. Tujuannya agar jari – jari tangan kiri mempunyai kemampuan individu yang sama dengan jari – jari tangan kanan dalam bermain tapping, begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, latihan – latihan berikut kami disain untuk melatih kemampuan individu tiap jari.

Aplikasi modes kali ini juga akan lebih kita khususkan pada instrumen bass berdawai 4, karena bass berdawai 4 lebih umum digunakan oleh banyak pemain bass. Dengan tunning standar bass 4 senar ( G D A E ). Usahakan tone bass kamu jernih dan sedikit lebih treble sehingga suara yang dihasilkan akan lebih jernih dan jelas.

Keterangan

Teknik penjarian pada teknik tapping ini adalah,

Untuk jari–jari tangan kiri: L1 = telunjuk

L2 = tengah

L3 = manis

L4 = kelingking

Untuk jari–jari tangan kanan:

R1 = telunjuk

R2 = tengah

R3 = manis

R4 = kelingking

Untuk lebih jelasnya lihat gambar. Latihlah per bagian. Pertama- tama latih dahulu bagian tangan kirinya. Usahakan mendapatkan kekuatan tapping dari jari – jarimu, bukan dari pergelangan tangan. Tujuannya untuk mendapatkan tone yang jelas, bersih, dan tapping hanya ditujukan untuk nada yang dicari.

Jangan mentapping nada – nada yang tidak perlu, karena hanya akan menghasilkan nada yang ragu dan tidak jelas. Latihlah untuk “mematikan” senar yang tidak perlu dengan jari–jari tangan yang lainnya.

Setelah nyaman dengan jari – jari tangan kiri, latihlah jari–jari tangan kanannya. Jari tangan kiri berfungsi sebagai bass dan jari tangan kanan berfungsi sebagai treble.

Untuk meningkatkan kestabilan dan ketepatan nada jari–jari tangan kanan, tempatkan jempol kamu di atas neck. Setelah kedua tangan nyaman, barulah dilatih secara bersamaan sehingga menghasilkan nada yang bersinergi. Disarankan berlatih menggunakan metronome dengan tempo 60 hingga benar-benar bersih.

Baca juga : Belajar modes 2 oktaf pada bass

Gambar 1
 Merupakan aplikasi tapping modes (Ionian ) dengan formulanya ( F G A Bb C D E F ) . Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 10 senar G. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Tapping Bass 1

Gambar 2
 Merupakan aplikasi tapping modes (Dorian) dengan formulanya ( G A Bb C D E F G ). Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 12 senar G. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Tapping Bass 2

Gambar 3
 Merupakan aplikasi tapping modes (Phrygian) dengan formulanya ( A Bb C D E F G A ). Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 14 senar G. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Tapping Bass 3

Gambar 4
 Merupakan aplikasi tapping modes (Lydian) dengan formulanya ( Bb C D E F G A Bb). Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 15 senar G. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Screen Shot 2016-08-01 at 6.33.22 PM

Gambar 5
 Merupakan aplikasi tapping modes (Mixolydian) dengan formulanya ( C D E F G A Bb C ). Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 17 senar G. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Screen Shot 2016-08-01 at 6.36.00 PM

Gambar 6
 Merupakan aplikasi tapping modes (Aeolian) dengan formulanya ( D E F G A Bb C D ) . Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 19 senar G. Untuk lebih jelas lihat gambar.

Screen Shot 2016-08-01 at 6.37.35 PM

Gambar 7
 Merupakan aplikasi tapping modes (Locrian) dengan formulanya ( E F G A Bb C D E). Dimulai dari posisi pertama pada senar E dan diakhiri pada fret 21 senar G. Untuk lebih jelas lihat gamba

Screen Shot 2016-08-01 at 6.38.23 PM

Demikian pembahasan kita tentang Tapping ( bagian I). Berlatihlah dengan sabar dan disiplin, menggunakan metronome. Segera aplikasikan ke dalam semua chord, apabila kamu menggunakan bas berdawai 5 ataupun 6 cobalah diaplikasikan ke dalam instrumennya juga.

Pada edisi depan, kita akan lanjutkan ke materi Tapping yang lebih menarik lagi. Teruslah berlatih dan aplikasikan apa yang sudah kamu dapatkan kedalam permainan. Jangan pernah takut untuk melakukannya. There is nothing impossible. Selamat berlatih!!

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account