Mengenal Alexa Meade, Pelopor Pelukis Medium 3 Dimensi

Mengenal Alexa Meade, Pelopor Pelukis Medium 3 Dimensi

Velodrome – Alexa Meade bisa dibilang pelukis yang mendobrak medium. Ketika melihat contoh lukisannya dalam foto potrait, pasti Anda akan mengira bahwa lukisan tersebut dibuat di atas sebuah kanvas. Meade memang bertujuan membuat sebuah ilusi dari karya yang ia telurkan.

Apa yang Meade lakukan menjadi sebuah kebalikan dari tradisi pada pelukis. Ia melukis di ruang 3 dimensi yakni kehidupan nyata yang ia ubah menjadi karya 2 dimensi layaknya di sebuah kertas atau kanvas.

Meade tetap menggunakan kuas sebagai alat utama. Namun, yang ia lakukan adalah mengecat bukan pada kanvas. Salah satu medium yang digunakan adalah tubuh manusia.

Mengenal Alexa Meade, Pelopor Pelukis Medium 3 Dimensi

Image : Silverlake Voice

Dengan mengandalkan teknik perspektif serta citra lukisan, bisa disimpulkan bahwa Meade adalah seorang body painter bukan pelukis. Namun ketika melihat karyanya ia pun dinilai sebagai seorang pelukis.

Karyanya yang inovatif menggiringnya pada sebuah penghargaan “Tribeca Disruptive Innovation Awards 2017”. Sebelumnya, karya pelukis 30 tahun ini banyak dibicarakan saat ia mengadakan pameran di The Smithsonian National Portrait Gallery di Grand Palais Paris, dan pameran di PBB.

Hal yang menggiringnya pada kepopuleran di kalangan seniman adalah metode pembuatan produk seni yang dinilai unik oleh para kurator serta penikmat seni.

Inspirasinya didapat ketika di awal mencari kerja, ia diam-diam bereksperiman dengan tangannnya yang kreatif. Sebelum mengecat manusia untuk dijadikan karya ilusi 2 dimensi, Meade bereksperimen dengan mengecat beberapa subjek yang berasal dari buah-buahan. 

Obsesinya terhadap cahaya yang mengarahkannya untuk mengeksplorasi sebuah bayangan dalam pembuatan lukisan melalui titik gelap (black point). Praktiknya diawali dengan panduan tersebut. Kemudian, wanita kelahiran Washington, Amerika Serikat ini mulai membuat layer dengan cat akrilik untuk diterapkan di tubuh  manusia, latar, dan benda sekitarnya.

Mengenal Alexa Meade, Pelopor Pelukis Medium 3 Dimensi

Image : Ingo Seufert

Sejak saat itu, Meade pun mulai serius mempraktekkan metode tersebut untuk membawanya lebih dari sekedar satu objek saja. Karya terbarunya bisa Anda lihat melalui project Color of Reality, yakni kolaborasi film dengan seniman Jon Boogz dan Lil Buck.

Melalui karya seni yang ia telurkan, Alexa Meade mengajak para penikmat seni untuk menikmati produk seni dengan pengalaman yang berbeda. Alhasil, karyanya pun banyak diapresiasi secara positif. Jika penasaran dengan karyanya, Anda bisa melihat karyanya lewat akun instragramnya serta situs pribadinya.

Sumber

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account