Mengenal Desainer I LOVE NY dan Versi Imitasinya

Velodrome – Apakah Anda termasuk orang yang mempunyai t-shirt bertuliskan I (lambang hati) NY atau I LOVE NY dan semacamnya? Setidaknya Anda pasti sangat familiar dengan desain kaos yang simple perpaduan antara tipografi dan grafis itu?

Desain memang tak muncul begitu saja, tetapi berawal dari pemikiran yang dijadikan sebuah karya dan akhirnya menjadi sangat populer di masyarakat bahkan secara global. Termasuk desain “I LOVE NY” yang ada dalam bentuk t-shirt dan beberapa barang lainnya.

Mengenal Desainer I LOVE NY dan Versi Imitasinya

Image : acowox.tpanel.nl

Saat ini, Anda pasti mengira bahwa desain “I LOVE NY” yang juga mempunyai versi lain berdasarkan kota di negara tertentu seperti “I LOVE JKT”, “ I LOVE LA ”, “I LOVE TOKYO” bisa dibuat oleh siapa saja dengan mudah? Bahkan Anda tidak akan terpikir siapa yang membuat desain yang sudah populer itu. Seseorang bisa saja membuat desain grafis tersendiri dengan memunculkan huruf “I” kemudian menyisipkan bentuk “Heart atau Hati” berwarna merah kemudian tinggal diikuti dengan singkatan nama kota yang ingin ditulis.

Semua itu tidak muncul begitu saja. I LOVE NEW YORK yang ada dalam bentuk desain grafis logo dan lagu itu adalah basis promosi untuk pariwisata di New York, Amerika Serikat sejak 1977. Desain tersebut sudah menjadi merek dagang (trademark) di bawah New York State Departement of Economic Development.

Pada 1977, lembaga yang mengurusi pariwisata tersebut memanggil agensi periklanan yakni Wells Rich Greene untuk mengembangkan pemasaran pariwisata New York. Desainer grafis, Milton Glaser adalah seorang kreatif di balik desain logo itu. Ia membuat desain yang sederhana tetapi menjadi sebuah kemajuan untuk budaya pop Amerika saat itu.

Mengenal Desainer I LOVE NY dan Versi Imitasinya

Image : The New York Times

Milton Glaser juga bukan hanya seorang desainer grafis lho. Ia menjadi salah satu founder New York Magazine pada 1968 bersama Clay Felker. Bahkan, sebuah paten juga dimiliki lembaga tersebut untuk desain font / huruf yang ada dalam logo tersebut yakni, American Typewriter.

Glaser yang juga mendesain poster album penyanyi legendaris Bob Dylan itu pernah membuat versi lain dari desain I LOVE NY saat kejadian serangan teror 9/11. Desain bertuliskan “I LOVE NEW YORK MORE THAN EVER” yang digunakan sebagai ajang pengumpulan dana untuk para korban. Di situlah sebenarnya desain I LOVE NY semakin terkenal di mata dunia karena banyak diliput oleh jurnalis dan media.

Jika Anda pernah ke New York, Amarika Serikat, logo I LOVE NY bisa Anda temukan dalam berbagai macam bentuk dan di mana saja. Tidak hanya dalam souvenir pariwisata tetapi juga di papan iklan di beberapa sudut kota tertempel di bus kota, subway, dan taksi.

Imitasi dan Parodi

Mengenal Desainer I LOVE NY dan Versi Imitasinya

Image : CalvinAyre.com

Kesuksesan logo tersebut menggenjot pariwisata Kota New York yang berdampak pada pengaruh ikon pop culture secara global. Implikasinya ada pada versi logo tiruan yang disesuaikan berdasarkan kota-kota suatu negara. Tak dipungkiri, desain logo yang sudah identik dengan souvenir pariwisata itu bisa ditemukan di mana-mana di seluruh dunia dalam bentuk tiruan.

Banyak pengusaha di objek pariwisata yang diuntungkan karena menjual desain t-shirt versi imitasi kepada para turis. Versi padorinya pun juga banyak dibuat dengan pesan yang lebih kasar atau nyleneh.

Pada 2005, pihak New York mengajukan 3.000 surat yang mengungkapkan rasa keberatan pada para imitator yang tanpa izin membuat versi lain dari merek dagang logo tersbeut. Pada 2013, State of New York mengajukan ribuan objections letter untuk merek dagang yang mereka miliki dan memberitahu para copycatter untuk berhenti memproduksi barang tiruan.

Waduh, kalau begitu, t-shirt “I LOVE JKT” atau “I LOVE BDG” juga bisa saja menyalahi prosedur hak paten merek dagang dong? Siapa ya kira-kira yang harus bertanggungjawab jika kita pun tidak tahu siapa desainernya. Yang terpenting, jika kamu membuat sesuatu untuk sebuah brand, jangan lupa daftarkan merek dagangnya yaaa….

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account