Mengenal Sosok Jack Ma Pendiri Alibaba.com

Jack Ma

Velodrome – Mungkin bagi sebagian orang sosok Jack Ma hanyalah sebuah nama yang sering berlalu lalang di dunia maya tanpa tahu siapa sebenarnya dia. Untuk itu marilah kita kenali lebih dekat cerita hidup Jack Ma hingga ia mampu menjadi orang terkaya No. 1 di China.

Masa Kecil

From zero to hero, rasanya hanya ungkapan itu yang paling tepat disematkan kepada Jack Ma. Ia lahir di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China pada tanggal 15 Oktober 1964. Jack Ma pun tumbuh dalam keluarga sederhana.

Negara China yang saat itu baru mulai membuka diri terhadap bangsa barat masih memiliki perekonomian yang belum stabil. Maka Jack Ma pun mengalami berbagai masalah dalam hidupnya dari segi perekonomian hingga pendidikan.

Jack Ma kecil selalu ditolak di tiap sekolah dimana ia ingin belajar dikarenakan nilai ujian matematikanya yang buruk. Namun Ma berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam memperbaiki kemampuannya dalam bidang tersebut.

Sumber : irishtimes.com

Sumber : irishtimes.com

Selain itu Jack Ma pun merasa bahwa ia perlu belajar bidang yang lain untuk menutupi kelemahannya dalam bidang matematika. Maka Ma pun memilih untuk belajar Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa yang saat itu masih tidak diminati oleh kebanyakan penduduk Negeri China.

Ia pun tekun belajar Bahasa Inggris sejak usia 12 hingga 20 tahun, ia pun mengendarai sepedanya selama 40 menit ke hotel dimana ia dapat belajar bahasa Inggris. Delapan tahun bergaul bersama banyak turis asing benar-benar mengubah cara pandangnya mengenai hidup.

Ma merasa bahwa dirinya berpikir lebih global jika dibandingkan dengan kebanyakan penduduk China. Apa yang diceritakan para turis sangat berbeda dengan semua yang dipelajari Ma dari para guru dan buku di sekolah.

Mengenal Internet

Jack Ma pertama kali menggunakan internet pada tahun 1995 saat dia mencari kata `beer` dan `China`. Namun Ma tidak menemukan hasil pencarian yang diharapkannya. Berbekal rasa penasaran ia bersama temannya, ia berusaha untuk membuat sebuah halaman website yang mampu menterjemahkan kedalam Bahasa Mandarin.

Mendirikan Alibaba.com

Jack Ma dahulu hanya seorang guru bahasa inggris di negeri tirai bambu, keputusannya dalam menjadi guru bahasa Inggris ini lebih karena sulitnya mendapatkan pekerjaan. Sebelum menjadi Guru Bahasa Inggris, ia telah puluhan kali mendaftar pekerjaan namun selalu ditolak.

Lebih mengenaskan lagi saat mendaftar sebagai karyawan KFC dari 27 orang pelamar hanya dirinya lah yang tidak diterima. Kejadian itulah yang kemudian menjadi faktor pemicu berdirinya Alibaba Group empat tahun kemudian.

Sumber : assets.bwbx.io

Sumber : assets.bwbx.io

Alibaba.com merupakan website pertama yang menghubungkan para eksportir China dengan para pembelinya di luar negeri. Idenya yang begitu kreatif dan solutif dengan cepat mampu menarik minat para investor untuk berinvestasi pada bisnisnya ini.

Berkat kegigihannya lah bisnisnya cepat berkembang, ia pun kini mampu mendominasi sistem portal pengiriman di Negeri China lewat Alibaba Group yang telah memiliki dua bisnis lainnya, yaitu Taobao Marketplace dan Tmall.com

Baca Juga : Komitmen Pemerintah Indonesia Dalam Mendukung Startup

Jack Ma Dalam Dunia Bisnis

Saai ini Alibaba Group telah menjadi retailer online terbesar di China dan berada di posisi kedua dunia setelah Wal-Mart. Alibaba pun tengah berniat untuk mengalahkan eBay, sebuah situs jual beli online yang bermarkas di Amerika Serikat (AS).

Banyak pengusaha yang menjulukinya sebagai `Crazy Jack` karena ide-ide bisnis super gila dan fantastis yang dilontarkannya. Namun tak ada satupun yang yakin bahwa Jack dapat mewujudkan seluruh ide bisnisnya tersebut.

Jack Ma merupakan sosok yang ramah dan rendah hati, ia bukan lah sosok yang lebih senang berbicara tentang bagaimana kisah suksesnya dalam mendirikan Alibaba Group namun ia lebih senang berbicara tentang bagaimana Alibaba Group dapat membantu banyak orang.

Sumber : wired.com

Sumber : wired.com

Saat berkunjung ke Silicon Valley, Amerika Serikat, Jack Ma pun seakan menemukan mimpinya saat ia melihat banyaknya mobil mewah berlalu lalang disertai dengan banyaknya bangunan megah yang berdiri. Ma pun kemudian memutuskan untuk melebarkan bisnisnya hingga ke Amerika Serikat.

Pada Agustus 2014, Jack Ma sebenarnya telah menyandang gelar sebagai miliarder terkaya di China. Saat itu, harta Ma diprediksi akan meroket ketika Alibaba melepas saham perdananya di Amerika Serikat.

Baca Juga : Beginilah Canggihnya Proses Teknologi CGI Pada Film

Benar saja, IPO yang digelar Alibaba Grup di bursa saham New York pun mencetak angka fantastis hingga mencetak rekor dunia. Berkat nilai sahamnya yang melonjak hingga 38 persen, harta kekayaan Ma kini bertambah hingga menjadi US$ 26,5 miliar.

Sumber : blogs-images.forbes.com

Sumber : blogs-images.forbes.com

Dia pun menjadi orang terkaya di China dan menempati posisi ke-23 di jajaran miliarder dunia. Bahkan beberapa miliarder lain pun mengatakan bahwa itu baru permulaan, harga saham Alibaba masih akan terus melesat dan mengucurkan pundi-pundi uang lebih banyak ke kantong Ma.

Kobaran semangat dan pantang putus asa pada diri Ma, telah menjadi salah satu faktor yang mengubah pria muda yang dulu ditolak sekolah serta puluhan perusahaan kini menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account