Mengenal Suku Mentawai Di Pameran Foto ‘MUGEJEG’

Whitewood – MUGEJEG yang berarti Jalan-Jalan adalah bahasa tradisional Suku Mentawai. Ditto Birawa Pemilik Birawa Photo-Motion untuk pertama kalinya menggelar pameran tunggal pada 14 Oktober 2018 sampai dengan 27 Oktober 2018 di Galeri Foto Paramata, Tebet.

Pameran yang sangat berbeda dengan pameran foto lainnya ini adalah Paperless Photo Exhibition yang menggunakan teknologi Augmented reality. Pameran foto yang minim penggunaan kertas.Obyek foto yang di ambil di Kepulauan Mentawai selama kurang lebih 3 tahun, dari tahun 2013 sd2016 ini sangatlah menantang, disamping perjalanan yang cukup jauh dan sulitnya berkomunikasi dengan penduduk setempat di Mentawai.

Hampir semua penduduk Mentawai tidak pandai berbahasa Indonesia, bahasa mereka sangat berbeda sehingga mengharuskan menggunakan mendamping dari penduduk setempat. Aditya T. Birawa yang biasa disapa Ditto meyakini bahwa Mentawai adalah Suku tertua di indonesia, yang sudah ada sejak tahun 500 sebelum Masehi. Dan sampai sekarang Kekunoan dan Ketradisonalan mereka masih bisa kita dapati disana. Suku Mentawai di klaim memliiki budaya tatto yg juga merupakan salah satu budaya tatto tertua di dunia.

Selain pameran tunggal ini, Ditto Birawa juga sering mengikuti pameran foto bersama, diantaranya Pameran bersama ID Photographer di Cilandak Town Square dan Pacific Place, Pameran Festival Foto di Surabaya, Jawa Timur dan Astoning Indonesia di Semarang, Jawa Tengah.

Pembukaan pameran dan cerita tentang perjalanan ke Suku Mentawai rencananya akan dihadiri oleh Kementerian Pariwisata, Bekraf, APFI (Assosiasi Profesi Fotografi Indonesia), LESKOFI (Lembaga Sertifikasi Kompetensi Indonesia) serta para fotografer profesional dan fotografer senior, dan fotografer lainnya pada Hari, Minggu 14 Oktober 2018 pukul 17.30 Wib

Harapan dari digelarnya pameran ini agar bisa menjadi eksplorasi yang sangat menarik bagi anak muda di Indonesia untuk lebih mengenal dan mempelajari kebudayaan bangsa Indonesia dan bisa memperkenalkan kepada dunia indahnya Indonesia.

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
Farid Syamsuri
+62 813 8051 3892

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account