Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Velodrome – Studio animasi Ghibli, Jepang, baru-baru ini menggelar World of Ghibli di Jakarta. Dalam gelaran tersebut, film-film karya Hayao Miyazaki menjadi film terpopuler yang masuk ke dalam total 22 film yang diputar.

The World of Ghibli Jakarta akan menayangkan seluruh film Studio Ghibli dalam tiga fase besar. Fase pertama berlangsung bulan April-September 2017, fase kedua yaitu festival film berlangsung bulan Agustus-September bersamaan dengan ekshibisi, dan fase ketiga akan dilangsungkan bulan Oktober 2017-Maret 2018.

Film karya Hayao Miyazaki berjudul Spirited Away menjadi pembuka World of Ghibli di Jakarta. Film tersebut adalah film karya sang maestro Hayao Miyazaki yang menjadi pemenang kategori The Best Animated Feature Academy Awards pada tahun 2003. Film lain dari sang animator, The Tale of Pricness Kaguya (2015) yang dinominasikan pada 87th Academy Awards, juga masuk ke dalam daftar pemutaran di World of Ghibli.

Jejak karir Hayao Miyazaki memang patut diapresiasi dengan memutarkan kembali film-film lama karya sang maestro yang kini berusiaa 76 tahun itu. Walaupun jika dibandingkan dengan film animasi Disney Pictures karya Hayao Miyazaki jauh dari kata spektakuler.

Karya Hayao Miyazaki banyak didominasi dengan animasi dua dimensi yang mengandalkan metode animasi konvensional. The Tale of Princess Kaguya pun masih terlihat seperti film animasi lama yang genre-nya bukan seperti manga animation. Namun di balik semua itu, karakter tersebut malah melekat di hati para penggemarnya.

Berikut ini adalah lima film karya Hayao Miyazaki yang bisa Anda tonton di bioskop-bioskop di 17 kota di Indonesia.

Spirited Away

Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Image : Studio Ghibli Wikia

Film ini pada intinya mengisahkan gadis berusia 10 tahun yakni Chihiro yang pidah dari desa ke kota bersama kedua orangtuanya. Dalam perjalanan, mereka tersesat dan bertemu dengan roh-roh di sebuah taman hiburan yang terbengkalai. Sejak saat itu, Chihiro mengalami petualangan yang luar biasa.

My Neighbor Totoro

Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Image : World of Ghibli

Film The Neighbor of  Totoro adalah film keluarga yang mempunyai cerita yang unik. Totoro adalah makhluk misterius yang menjaga hutan di desa. Suatu saat, seorang kakak beradik, Mei dan Satsuki mendapati sosok Totoro saat mereka tersesat di Hutan. Film yang dibalut dengan komedi serta drama membuat kisah yang menyentuh.

Anda bisa menikmati film  The Neighbor of Totoro pada bulan Mei 2017.

Ponyo on the Cliff by the Sea

Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Image : Pinterest

Ponyo on the Cliff by the Sea terinspirasi dari film The Little Marmaid yang mengisahkan tentang seorang putri duyung kecil bernama Ponyo yang melarikan diri dari rumahya di lautan. Ponyo diselamatkan oleh Sosuke, seorang anak berusia 5 tahun yang tinggal di hamparan tebing. Mereka kemudian melalui petualangan yang luar biasa.

Film satu ini dijadwalkan akan tayang di bisokop pada bulan Juli 2017.

Princess Mononoke

Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Image : eBay

Film yang mengambil setting pada masa kesatria Samurai ini menceritakan tentang seorang putri bernama Mononoke yang dikirim ke sebuah desa purba untuk mempertahankan kelestarian hutan dari ancaman perambahan manusia.

Film Princess Mononoke tayang di bioskop pada bulan Agustus 2017.

Howl’s Moving Castle

Mengenang Karya Hayao Miyazaki di World of Ghibli

Image : Fanpop

Film terakhir yang akan diputar di Indonesia pada September 2017 mendatang adalah Howl’s Moving Castle. Film ini menceritakan tentang seorang gadis remaja yang berubah menajdi perempuan berusia 90 tahun setelah bertemu dengan Howl.

 

Editor : MP Jathia

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account