Microsoft Rilis Seeing AI, Aplikasi Bantu Tunanetra Mendeskripsikan Dunia

Seeing AI

Velodrome – Microsoft baru saja merilis aplikasi bernama Seeing AI yang sangat berguna untuk mereka para tunanetra. Aplikasi ini akan membantu para tunanetra melihat dunia. Aplikasi ini akan mendeskripsikan sesuatu menggunakan penglihatan komputer kepada para tunanetra.

Caranya sangat mudah tinggal mengarahkan kamera smartphone ke orang ataupun barang, kecerdasan buatan yang tertanam didalamnya akan menjelaskan segalanya. Mulai dari bentuk fisik, ekspresi, sampai deskripsi berbagai barang.

Aplikasi ini awalnya dari penelitian Microsoft, dan sampai sekarang ini masih banyak fitur menarik yang rencananya akan dikembangkan. Tetapi untuk sementara hanya smartphone berbasis iOS saja yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi ini bisa medeskripsikan ekspresi, mulai dari senang, sedih, marah, menangis dan lain sebagainya. Lebih detail, Seeing AI ini juga mampu mendeskripsikan suasana, contohnya saja seorang pria tengah duduk menikmati secangkir kopi.

Ternyata, Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu pengembang perangkat lunak Microsoft bernama Saqib Shaikh. Ia kehilangan indra penglihatannya saat masih berusia 7 tahun. Dan pada akhir 2016 yang lalu, ia memiliki ide untuk membentuk tim yang khusus membantu mereka para penyandang tunanetra.

Baca Juga : HMD Global Jalin Kerja Sama Eksklusif dengan Zeiss

Saqib Shaikh menyebutkan jika dirinya paling sering menggunakan aplikasi ini untuk membaca berbagai hal seperti halnya tanda (tanda jalan dan tanda lainnya) dan juga menu. Dia menunjukkan jika aplikasi itu tidak hanya ‘mengerjakan’ tugas mata melainkan juga mengarahkan para tunanetra untuk memindahkan kamera ke kiri ataupun ke kanan untuk mendapatkan target yang pas.

Shaikh menyebutkan jika beda aplikasi dengan yang lainnya adalah kecepatan dalam membaca ekspresi. Apikasi ini bekerja sepersekian mili detik untuk bisa membaca ekspresi. Sangat memudahkan sekali untuk para tunanetra. Sebenarnya tidak hanya tunanetra saja yang membutuhkan ini masyarakat luas juga memerlukannya.

Di bulan Maret tahun yang lalu aplikasi ini masih dalam bentuk prototipe. Namun mulai hari ini sudah bisa diunduh secara gratis di App Store dan khusus untuk wilayah Amerika Serikat. Sementara itu untuk informasi apakah aplikasi ini akan dikembangkan ke negara lainnya atau dipasang ke Android, sama-sama belum ada kabar apapun.

Sumber : theverge.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account