Moby Mart, Swalayan Berjalan dengan Teknologi Kecerdasan Buatan

Moby Mart

Velodrome – Moby Mart merupakan sebuah konsep bisnis yang baru, yaitu swalayan berjalan. Swalayan berjalan bahkan disebut-sebut sangat canggih karena dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan. Sehingga memudahkan para pelanggan.

Swalayan ini memiliki bentuk bus yang baru dicoba di China, tepatnya di Jalan Anfu, Distrik Puxi, Shanghai. Seorang pelanggan bisa memanggil Moby Mart dari jarak 200 meter dengan menggunakan aplikasi belanja Moby Mart yang terdapat di ponselnya.

Maka hanya dalam hitungan menit saja, swalayan berjalan ini akan menghampiri si pemanggil. Si pelanggan ini kemudian bisa masuk dengan memindai ponselnya pada pintu untuk membukanya. ‘Selamat Datang’ begitulah suara yang terdengar dalam menyambut para pelanggan yang datang.

Image by dezeen.com

Sama seperti di swalayan biasanya, para pembeli bisa memilih-milih barang, mencobanya lalu membayarnya. Bukan dengan uang, sistem yang dipakai sudah canggih, para pelanggan hanya tinggal memindai ponselnya saja dan saldo di rekening pun akan berkurang.

Moby Mart merupakan proyek uji coba yang dilakukan oleh Wheelys dengan menggunakan kecerdasan buatan. Seperti halnya swalayan pada umumnya, toko bergerak ini juga menawarkan berbagai barang termasuk juga produk siap konsumsi langsung. Contohnya saja susu, roti, keripik kentang, cokelat dan lain sebagainya.

Baca Juga : Seperti Inilah Kira-kira Kehidupan Manusia di Tahun 2050

Sebenarnya sistem ini sudah mulai dikembangkan sejak beberapa waktu yang lalu. Pada awal tahun lalu, Wheelys telah membuat toko bergerak tanpa kasir di Swedia. Toko sejenis yang saat ini tengah dikembangkan oleh Amazon yang juga tanpa kasir bernama Amazon Go.

Kendaraan Moby Mart ini didesain sedemikian rupa tanpa menggunakan sopir. Hanya memanfatkan perangkat lunak. Sebelumnya, Alibaba juga mengembangkan toko tanpa kasir dan tanpa pelayan namun tidak bergerak, namanya Tao Café.

3 Comments
  1. rendragraha sustrihardya 4 months ago

    waduh, gmn ceritanya ini yanto-yanto klo udah kejadian

    • Anselmo 4 months ago

      kan yanto bisa kerja ke bagian produksi bro

  2. taufik nugraha 4 months ago

    ini keren ini. tapi di Indonesia bisa dibegal.. jd msh 200 thn lg utk diterapkan disini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2017 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account