Modem 5G Dari Intel, Berapakah Kecepatan Downloadnya?

intel

Velodrome – Intel yang merupakan salah satu raksasa teknologi tak mau ketinggalan dalam hal inovasi teknologi. Sang penguasa chip tersebut memperkenalkan produk produk terbaru mereka yaitu modem 5G dengan nama Goldridge dalam acara Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari 2017 silam.

Modem ini memungkinkan dua jenis teknologi 5G sekaligus, yaitu gelombang milimeter wave 28 GHz dan sub-6 GHz. Selain itu modem ini memiliki kecepatan download hingga mencapai angka 5Gbps atau dikatakan lima kali lebih kencang jika dibandingkan dengan 4G LTE cat 16 yang diklaim sebagai yang tercepat saat ini menurut intel.

Sayangnya modem 5G Intel ini belum dirilis dalam waktu dekat dan direncanakan untuk keperluan uji coba kepada para vendor dan konsumen potensial yang akan dimulai pada akhir tahun 2017. Para vendor yang berkesempatan mendapatkan uji coba adalah pabrikan hardware, operator telekomunikasi serta pelaku industri di bidang lain seperti otomotif.

Intel

Image by metrotvnews.com

Selain itu chip modem 5G Intel disebut-sebut menjadi solusi bagi teknologi remote control seperti drone dan robot yang membutuhkan kecepatan transfer data tinggi secara nirkabel, seperti dilansir dari KompasTekno, Kamis (5/1/2016).

Peluncuran Modem 5G Intel ini seakan menyatakan perang dengan sang rival Qualcomm yang sebelumnya telah lebih dulu memperkenalkan modem 5G bernama Snapdragon X50, pada bulan Oktober 2016 silam.

Modem 5G milik Qualcomm dapat diintegrasikan di SoC, sementara Intel kemungkinan bakal mengemas modem 5G dalam bentuk chip terpisah, mengingat pengembangan SoC Atom buatannya sudah dihentikan.

intel

Snapdragon X 50 download ability
Image by spectrum matters

Sebenarnya hingga kini teknologi 5G masih belum jelas akan seperti apa. Karena para pelaku industri telekomunikasi seperti operator seluler dan vendor hardware masih sibuk mengembangkan dan menguji coba teknologi 5G masing-masing.

Kita tunggu saja akan seperti apa kecepatan riil yang dihasilkan oleh modem 5G milik mereka, apakah benar akan mampu melampaui batas tercepat saat ini dan menjadi solusi bagi beragam permasalahan koneksi yang terjadi dalam indutri internet dan teknologi saat ini?

Baca Juga : Benarkah Nokia Kembangkan Artificial Intelligent Bernama VIKI ?

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account