Mozilla Firefox 55 Sudah Dukung Virtual Reality

Velodrome – Firefox 55, merupakan versi paling anyar browser yang dimiliki oleh Mozilla. Pada tanggal 8 Agustus beberapa waktu yang lalu, Mozilla menggulirkan dukungan virtual reality (VR) ke versi paling anyar Firefox tersebut. dengan begitu, Firefox sudah tergabung ke dalam jajaran browser yang menambahkan fungsi VR berbasis web seperti halnya Google Chrome ataupun juga Microsoft Edge.

Pembaharuan tersebut merupakan upaya Mozilla agar browsernya semakin menarik para pengguna. Padahal sebelumnya beberapa waktu yang lalu, sekitar bulan Juni sebenarnya Firefox sudah diperbaharui dengan kecepatan versi yang lebih tinggi.

Untuk versi VR berbasis web di Firefox ini akan tersedia di semua pengguna Windows yang memiliki perangkat HTC Vive ataupun juga Octulus Rift. VR berbasis web ini merupakan upaya Mozilla untuk sementara menggunakan standar yang disebut dengan WebVR yang memungkinkan browser menjalankan pengalaman VR.

Fitur semacam itu sudah tersedia di Firefox Nightly, versi pra-rilis browser Mozilla dan memiliki ketersediaan yang terbatas di Servo, sebuah mesin browser yang dibuat oleh pengembang perorangan dan disponsori oleh Mozilla sendiri.

Image by theverge.com

Pada bulan Februari yang lalu, salah satu pesaing berat dari Firefox yakni Chrome sudah terlebih dahulu menambahkan VR berbasis web. Dan seperti yang diketahui, saat ini VR berbasis web di Chrome merupakan salah satu pilihan yang paling mudah untuk diakses untuk platform berbasis VR. Dengan menggunakan Chrome, para pengguna bisa menggunakan konten VR di Octulus Rift, HTC Oculus, Google Cardborad, dan juga Google Daydream.

Selain rencana penambahan VR di web itu, Firefox 55 juga akan menambahkan alat baru yang saat ini masih dalam tahap pengujian dalam bentuk beta yang disebut sebagai Screenshots yang secara otomatis akan menyimpan tangkapan layar ke cloud lalu menyalinkan ke clipboard pengguna. Screenshot ini akan bertahan selama dua minggu, kecuali jika memang diatur dalam wktu yang lebih lama.

“Firefox for Windows adalah browser desktop pertama yang mendukung WebVR untuk semua pengguna. Bahkan tanpa menggunakan perangkat, kami memberikan Anda kesempatan untuk terjun ke dunia virtual reality dari desktop” papar Nick Nguyen, VP Produk Firefox.

Sumber: theverge.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account