Operasi Macan Kumbang : Serunya Perang-perangan Di Gunung Pancar

Velodrome – Permainan perang bernama airsoftgun saat ini sudah menjadi permainan yang kian berkembang di Indonesia. Kegiatan dengan istilah skirmish aktif diadakan oleh penggemar hobi ini sejak resminya wadah besar yang menampung komunitas seperti Airsoft Brotherhood Unity (A.B.U), Persatuan Olahraga Seluruh Indonesia (PORGASI) dan Federasi Airsoft Indonesia (FAI).

Sekedar informasi buat kamu yang belum pernah terjun dipermainan ini, skirmish memiliki peraturan yang ketat wajib dipatuhi oleh peserta, karena berhubungan langsung dengan keselamatan selama dalam arena seperti aturan wajib menggunakan pengaman wajah, ketentuan FPS senjata mainan, hingga regulasi ketika terjadi kontak dengan lawan. 

Uniknya, faktor sportifitas kejujuran menjadi kunci kelancaran dari permainan skirmish. Oleh sebab itu wasit atau biasa disebut marshal akan selalu mengawasi selama permainan berlangsung. 

Dari sekian banyaknya kegiatan skirmish tersebut, salah satunya adalah yang bertemakan perang hutan bernama Operasi Macan Kumbang. Acara ini di motori oleh sebuah team bernama KASAD14 (Kumbang Airsoft Detachment14) dibawah bimbingan Batalyon yang berlambangkan kumbang (Yonzikon14) dengan team yang tergabung dalam wadah resmi A.B.U.

Operasi Macan Kumbang

efliyer1

Layaknya sebuah pertempuran, permainan ini memiliki misi yang dibuat sedemikian rupa agar mendapatkan pengalaman yang sama seperti di medan pertempuran. Tidak hanya sekedar melepas tembakan, biasanya pada sebuah permainan yang berjalan 24 jam terdapat beberapa misi yang harus diselesaikan oleh setiap regu atau kelompok untuk dimenangkan.

Menurut Hanggoro sebagai perancang skenario, “dari setiap misi yang diberikan akan berhubungan dengan misi lanjutan yang akan ditempuh. Disinilah dibutuhkan strategi, kordinasi dan kerjasama regu bukan berdasar prestasi perorangan”.

Agustinus Ubeng, sebagai ketua KASAD14 juga mengatakan “skirmish adalah olahraga dengan sportifitas tinggi, ketegangan peperangan akan luntur ketika personil berbaur dengan yang lain dalam suasana keakraban persaudaraan”.

Baca juga: Trend Brewokan Ala Pasukan Elit Amerika

Peserta yang hadir mengikuti kegiatan skirmish berasal dari berbagai daerah seperti jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan wilayah lainnya. Fungsi A.B.U yang mewadahi dan mendukung kegiatan tersebut tentunya akan sangat berperan dalam memberikan jaminan setiap anggotanya dalam perjalanan menuju lokasi acara hingga kembali ke tempãt asalnya.    

Operasi Macan Kumbang adalah skirmish yang dirancang pada medan pertempuran hutan. Oleh sebab itu permainan yang konsisten memilih di kawasan wisata gunung pancar, saat ini sudah yang ke tiga kalinya digelar sejak tahun 2014 dalam rangka memperingati hari ulang tahun Batalyon Zeni Konstruksi 14.

Dan khusus tahun ini, Operasi Macan Kumbang akan diadakan hanya satu hari yaitu pada tanggal 20 November 2016 di lokasi yang sama. Informasi kegiatan dapat diperoleh pada Facebook event pada tautan ini dan bagi yang tertarik ingin mendaftar silahkan klik tautan ini.   

Jadi buat kamu yang ingin berakhir pekan seru dengan petualangan pertempuran, jangan sungkan-sungkan hadir di acara skirmish Operasi Macan Kumbang ke 3, atau tunggu tahun depan lagi.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account