OS Ubuntu Sekarang Bisa Didownload di Windows Store

Ubuntu

Velodrome – Ubuntu merupakan sebuah sistem operasi berbasis Linux yang tersedia secara bebas dan memiliki dukungan baik yang berasal dari ahli profesional ataupun juga komunitas. Memang, salah satu filosofi dari OS ini adalah perangkat lunak harus tersedia tanpa biaya, inilah yang mereka lakukan.

Ubuntu merupakan proyek yang disponsori oleh Canonical Ltd, perusahaan yang dimiliki oleh penguasa Afrika Selatan yakni Mark Shuttleworth. OS yang masuk dalam proyek andalan Debian ini menyasar sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai.

Dalam pengembangannya, OS (Operating System) ini dijadwalkan diperbaharui per 6 bulan. Ubuntu sendiri dirilis sejak 20 Oktober 2004. Dan pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan jika OS ini akan mendukung smartphone, tablet, dan juga smart TV.

Dilansir dari The Verge, OS tersebut sekarang ini sudah bisa diunduh di Windows Store. Para pengguna bisa mengunduh Ubuntu dari Windows Store sebagai salah satu aplikasi yang berjalan di Windows 10 besutan Microsoft. Hal itu berarti, memungkinkan para pengguna untuk menjalankan aplikasi Linux dan juga Windows pada PC secara berdampingan tanpa adanya dual booting.

Image by the verge

Fungsi tersebut belum tersedia secara resmi sampai Windows Fall Creators Update rilis di akhir tahun ini. Meskipun begitu, mereka yang menjalankan Windows 10 Insider Preview terbaru bakal bisa mengunduhnya di PC.

Untuk bisa menginstalnya, para pengguna harus ke Control Panel (bukan setting aplikasi terbaru dari Windows 10) dan selanjutnya pilih menu ‘Turn Windows Feature on or off.” Di sana Anda akan memilih “Windows Subsystem for Linux,” selanjutnya Ubuntu akan bekerja setelah di restart.

Baca Juga : CEO Apple Meraup Total Pendapatan Sebanyak 1,9 Triliun Tahun 2016

Sebagai informasi, kehadiran Ubuntu, SUSE dan juga Fedora merupakan bentuk komitmen dari Microsoft terhadap komunitas open source. Ubuntu selanjutnya akan bekerja secara native saat berada di Windows 10. Hal ini berarti para pengguna dapat menjalankan Ubuntu tanpa menggunakan emulator ataupun virtualisasi.

Pada tahun 2016 yang lalu tepatnya di bulan November, Microsoft juga bergabung dengan Linux Foundation. Dan hal tersebut menjadi indikasi yang kuat jika Microsoft menepati komitmen dengan Linux dan juga ekosistemnya.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account