Diam-Diam Google Tanam Panic Mode di Android Nougat

Android Nougat

Velodrome – Dalam Android Nougat terbaru yakni 7.1, Google diam-diam menambahkan fitur baru yang disebut dengan Panic Mode. Fitur tersebut disembunyikan oleh Google untuk tujuan keamanan. Fitur itu mendeteksi berbagai aplikasi jahat yang terdapat di dalam smartphone berbasis Android ataupun juga yang terdapat Google Play. Karena tidak bisa dipungkiri Google Play Store menjadi sasaran empuk para hacker.

Fitur keamanan itu akan memberikan peringatan secara otomatis saat Android Anda terancam bahaya. Ancaman bahaya ini bisa berupa aplikasi jahat ataupun juga malware yang sifatnya begitu merugikan para pengguna. Saat sebuah situ terdeteksi malware, layar smartphone akan kembali ke home screen. Bahkan canggihnya lagi, Panic Mode itu akan menghapus aplikasi berbahaya dari smartphone.

Awalnya, perusahaan yang berbasis di Silicon Valley itu meyembunyikan fitur keamanan tersebut. Namun, sejumlah pengembang dari forum XDA Developer menemukannya. Dan alasan utama Google menyembunyikan fitur tersebut lantaran tidak ingin diketahui peretas jahat, sehingga para hacker akan kesulitan untuk menyerang fitur tersebut.

Baca Juga : HMD Global Jalin Kerja Sama Eksklusif dengan Zeiss

Dengan adanya fitur ini para pengguna dimudahkan, apabila ada serangan hacker, Panic Mode akan bekerja. Sayangnya memang sampai saat ini para pengguna Android versi terbaru masih sangat sedikit jadi belum banyak yang bisa merasakan kemudahannya. Jadi bagi yang ingin mendapatkan fitur keamanan ini, bisa mengupdate perangkatnya ke Android versi teranyar.

Fitur dari perusahaan yang dipimpin oleh Sundar Pichai tersebut sekaligus menjawab masalah banyaknya kabar yang beredar mengenai maraknya aplikasi di Google Play yang terinfeksi oleh malware yang bisa membahayakan Android.

Para cyber experts’ mewanti-wanti seluruh perusahaan teknologi jika saat ini sedang banyak terjadi serangan dunia maya, dan salah satu yang jadi sasaran adalah Android. Dan Android sendiri sebelumnya dikabarkan mendapatkan serangan dari virus bernama Judy, sebanyak 36 juta pengguna Google Play Store terinfeksi pada bulan Mei yang lalu. Selain virus Judy juga banyak lagi yang lainnya. Setidaknya dengan adanya Panic Mode ini, para pengguna bisa sedikit bernafas lega lantaran Android versi teranyar memiliki fitur yang meminimalisir adanya serangan malware.

Sumber: androidauthority.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account