Parenthood : Lima Langkah Mengenalkan Puasa Pada Si Kecil

Mengenalkan puasa Ramadhan kepada anak

Velodrome – Mengenalkan puasa Ramadhan kepada anak baiknya dilakukan semenjak dini. Salah satu alasannya agar sang buah hati sudah terbiasa dengan kewajiban agamanya ini ketika ia dewasa nanti.

Namun jika tidak dibekali dengan pembelajaran kewajiban berpuasa dari kecil, anak bisa saja menilai puasa bukan suatu hal yang serius dan menganggapnya sebagai paksaan saja. Maka, pengenalan puasa pun harus dibuat semenarik mungkin dan terasa menyenangkan.

Dari beberapa situs parenting, Divertone berhasil merangkum 5 kiat untuk mengenalkan sekaligus mengajarkan ibadah puasa kepada sang buah hati.

Membuat jadwal kegiatan sebulan penuh

Parenthood : Tips Mengajarkan Anak BerpuasaBiasanya sekolah-sekolah sudah menyediakan jadwal kegiatan ramadhan selama sebulan penuh. Tujuannya agar waktu sang anak digunakan dengan sebaiknya-baiknya dan anak Ayah Bunda memiliki aktivitas di bulan Ramadhan. Meskipun sedikit bersifat memaksa layaknya pekerjaan rumah, tapi hal ini bisa menjadi panduan yang baik loh.

Jadwal ini bisa menjadi alat untuk Ayah Bunda mengajarkan disiplin dan menjadi sebuah penilaian untuk buah hati Selain itu jadwal kegiatan ini bisa menjadi bagian dari kegiatan keluarga untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan, seperti tadarus bersama, atau solat berjamaah.

Mempraktikkan ibadah secara berjamaah

Parenthood : Tips Mengajarkan Anak BerpuasaDengan seringnya melakukan ibadah secara berjamaan Ayah Bunda sudah mengenalkan tentang pelajaran agama kepada sang buah hati sekaligus mencontohkan. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menambah daftar quality time keluarga.

Mengakhiri ibadah shalat dengan mengajikan surat-surat ringan sekaligus bisa mengembangkan hubungan baik antara orang tua dan anak. Tambahkan kegiatan tanya jawab dan berikan peluang untuk sang buah hati menyampaikan rasa penasarannya.

Memulai dari audio-visual

Anak selalu tertarik dengan siaran film, terutama atau hal-hal yang bersifat visual seperti buku cerita. Penyampaian berbentuk visual lebih mudah diterima selain pengajaran dengan melibatkan langsung anak pada kegiatan. Banyak sekali siaran kartun yang bisa ditonton anak untuk menunggu sahur dan berbuka puasa.

Kartun-kartun tersebut memberikan ajaran islam dengan penyampaian ringan yang relevansinya ada dalam kehidupan sehari-hari. Buku cerita pun menjadi alternatif untuk menyampaikan nilai-nilai keagamaan sebelum anak tidur. 

Menyelingi dengan hiburan dan kesenian

Parenthood : Lima Langkah Mengenalkan Puasa Pada Si KecilMengajak anak ke festival Ramadan atau sekadar melihat lomba-lomba Ramadan bisa menjadi hiburan yang menarik. Kompetisi adalah salah satu yang bisa memotivasi anak untuk belajar sesuatu seperti mengaji. Festival Ramadan biasanya menyuguhkan hal-hal yang menarik seperti pertunjukan dan kuliner sehingga bisa menjadi ajang eksplorasi anak untuk mengalami sendiri vibes puasa yang fun.

Memberikan apresiasi dan penghargaan

Parenthood : Lima Langkah Mengenalkan Puasa Pada Si KecilHal akhir yang bisa dilakukan adalah pemberian hadiah seperti saat orangtua juga melakukannya ketika anak punya prestasi yang bagus di sekolah. Pemberian penghargaan bisa berupa barang yang anak suka dan tentunya bermanfaat. Hal ini akan jauh memotivasi dan memberikan semangat anak selama menjalankan ibadah puasa.

Nah, itulah beberapa kita yang bisa dilakukan untuk mengenalkan ibadah puasa  kepada buah hati dengan kegiatan yang lebih menyenangkan. Jika Anda punya trik -trik yang bisa memperkaya metode Fun Ramadan for Kids, Anda bisa share di kolom komentar.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account