Patrick & Faza Siap Menaikkan Standard Mutu Perfilman Di Indonesia

Velodrome –   Industri kreatif di Indonesia semakin berkembang,  peluang industri kreatif seakan menemukan titik cerah. Di dalam industri sektor film kita kedatangan sebuah duet maut kolaborasi antara VFX Artist  – Faza Sulthon, dan Patrick Effendy seorang sutradara dan produser musik asal tanah air.

Ditemui di bilangan Mega Kuningan -Jakarta , pada hari Kamis yang lalu, saya bertemu Faza dan Patrick. Dan sempat berbincang-bincang perihal pembuatan studio dan mewawancarai mereka secara singkat.

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

Di dalam kolaborasi ini, Patrick menggandeng Faza, untuk membuat sebuah studio animasi, yang bertempat di Kota Surabaya. Studio Animasi ini baru berdiri bulan Maret – 2017 ini, dan dinamakan YAPS Studio.  Studio ini akan menghandle beberapa keperluan 3d animasi, 2d dan visual effect, untuk menaikan standard dunia perfilm-an di Tanah Air.

Faza Sulton atau Faza adalah VFX artist yang berasal dari Kota Surabaya. Wanita yang berusia 23 tahun ini bekerja sebagai Compositor , yaitu sub – departement dari divisi visual effect,yang menggabungkan semua elemen film mulai dari Computer grafis sampai elemen-elemen seperti ledakan dan lain-lain. Faza bekerja di  sebuah Perusahaan film di Canada yang bernama Moving Picture Company / MPC.

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

Faza Sulthon

Dimulai dari bangku SMP,  terinspirasi dari Harry Potter Faza mulai tertarik dengan dunia animasi . Setelah SMA, Faza mulai mengikuti jejak sang Kakak, untuk kuliah dan belajar di Vancouver Film School, di Canada. Disana dia mempelajari 3d Animation dan Visual Effect. Namun karena VFX lebih menarik perhatiannya, Faza memutuskan untuk lebih concern di Visual Effect.

Sampai Pihak Moving Picture Company – Canada  menghubunginya via LinkedIn, dan Faza direkrut menjadi karyawan di perusahaan film yang sudah berdiri lebih dari 25 tahun tersebut.

Track record Faza dalam pengerjaan compositing di film tebilang tidak sedikit, banyak beberapa film hollywood yang di handle oleh dia, seperti : The Revenant, The Finest Hour, Ghost In The Shell, X-Men: Apocalypse, Pirates Of Carribean : Dead Men Tell No Tales, Wonder Woman dan The Mummy.

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

X Men Apocalypse

 

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

Pirates of the Carribean : Dead Men Tell No Tales insidethemagic.net

 

Dengan pengalamannya bekerja sebagai compositor di MPC selama 2 tahun, Faza memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan mulai membuat film sendiri.

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

Patrick Effendy

Patrick Effendy, sutradara dan music producer yang dikenal melalui CJR dan Animasi Plentis Kentus bersama perusahaannya VISUAL EXPERT mengajak rekannya Mizan Sulthon, Founder dari Hompimpa Studio yang dikenal dengan animasi GOB & Friends untuk membuat sebuah kerjasama studio animasi baru yang lebih focus kepada production servicing serta local content development yang mengutamakan kemajuan Industri animasi lokal.

Bersama Jacky Cahyadi, pemilik animasi Goyi Pipi, mereka bersama membuat sebuah kolaborasi yang menarik dan studio ini diberi nama YAPS Animation.

Patrick membantu Faza dan Team,  untuk pembuatan Studio Animasi YAPS Studio yang berada di Surabaya, untuk mengerjakan beberapa film project. YAPS Studio diharapkan akan menjadi tempat untuk memicu kreatifitas para sineas muda di daerah untuk memproduksi film yang berkualitas secara profesional, dan menaikkan standard mutu film di Indonesia.

Perkembangan film yang cukup berkembang di Indonesia, terlihat dari frekuensi produktifitas film banyak yang bermunculan, dan adanya penambahan penonton dari tahun ke tahun. Ini adalah indikasi yang cukup baik bagi industri perfilman di Tanah Air.

Patrick & Faza siap menaikkan standard mutu perfilman di Indonesia

Penonton di sejumlah bioskop di indonesia beyoung.co.id

Kita melihat masih banyak kebutuhan film yang belum terpenuhi, mulai dari simple touch up sampai Full Computer Graphic yang cukup berat seperti Transformers, dan kita berani mengarah kesana, karena YAPS Studio ini, memprovide 3d, 2d dan Visual Effect”  berikut pungkas Patrick sebagai Owner YAPS Studio.

Apa yang dilakukan Oleh Patrick dan Faza ini adalah sebuah angin segar untuk industri kreatif, khususnya di dunia perfilman di Indonesia. Apa yang mereka lakukan ini dapat memajukan industri sekaligus menaikkan mutu dari film yang ada di tanah air.

Kreativitas menciptakan produk hebat adalah cara terbaik melawan serbuan kompetisi global, dengan adanya SDM yang berkualitas di Tanah Air. Jika banyak pelaku industri muda di Indonesia mampu bersaing dengan mimpi mereka, maka tugas kita adalah menjadi konsumen pintar dengan men-support produk lokal kita secara maksimal. 🙂

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account