Pendiri Studio Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

Whitewood – Jika kamu penggemar film animasi Jepang, terutama produksi dari Studio Ghibli pasti kenal dengan sosok yang satu ini.  Salah satu pendiri dari Studio Ghibli, Isao Takahata, meninggal dunia pada 5 April  2018 di usia 82 tahun.

Isao yang dikenal dengan film animasi Grave of The Fireflies di tahun  1988 meninggal dunia karena masalah kesehatan. Dalam keterangannya, juru bicara Studio Ghibli seperti yang dilansir The Guardian mengungkapkan, “Berita [meninggalnya ] adalah benar, tetapi kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut di saat kami mencoba untuk mengkonfirmasi beberapa fakta di sekitarnya,” kata juru bicara Studio Ghibli.

Sementara Kiyofumi Nakajima, presiden Studio Ghibli, dan produser / co-founder Toshio Suzuki telah memberikan pernyataan tentang kematian Takahata. Menurut Nakajima, Isao meninggal pada jam 1:19 pagi di Rumah Sakit Universitas Teikyo, Jepang. Takahata meninggal setelah berjuang dengan kanker paru-paru.

Ungkapan duka cita juga diberikan oleh beberapa insan perfilman dunia seperti  sutradara film animasi Toy Story 3, Lee Unkrich menulis di akun Twitternya: “Sangat sedih mendengar tentang meninggalnya Isao Takahata, pendiri Studio Ghibli. “Grave of the Fireflies” adalah film emosional yang luar biasa. ”

Sementara sutradara film Star Wars: The Last Jedi, Rian Johnson menambahkan: ‘Grave of The Fireflies’ dan’ Make Way For Tomorrow’ adalah film paling menyedihkan yang pernah dibuat. ”

Isao Takahata, kelahiran 29 Oktober 1935 di Ise, Jepang adalah sutradara film, penulis skenario dan produser yang mendapat pengakuan internasional kritis untuk karyanya sebagai sutradara film anime. Takahata adalah pendiri Studio Ghibli bersama dengan rekan kerja lamanya, Hayao Miyazaki pada tahun 1985.

Dia menyutradarai film seperti ‘Grave of the Fireflies’ yang bertema perang, drama romantis ‘Only Yesterday’, petualangan ekologi ‘Pom Poko’, dan komedi ‘My Neighbors the Yamadas’. Film terakhir Takahata adalah ‘The Tale of the Princess Kaguya’, yang mendapat nominasi Academy Award untuk  kategori Best Animated Feature Film di Academy Awards ke-87.

Selamat jalan Isao Takahata

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account