5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

Velodrome – Pengen nyobain kegiatan yang ekstrim seperti skydiving tapi enggak berani? Tenang sekarang pengembangan virtual reality sudah semakin canggih. Enggak cuma skydiving, tapi masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan atau dikembangkan dengan virtual reality.

Tapi sebelum itu ada baiknya memahami dulu apa itu virtual reality atau VR yang kini tengah dikembangkan hampir di setiap perusahaan teknologi.

Virtual reality adalah sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.

Untuk memunculkan sensasi nyata dari virtual reality diperlukan perangkat pendukung. Perangkat yang digunakan untuk mendukung teknologi virtual reality biasanya berupa helm, walker, headset, suit dan sarung tangan (glove).

Sekarang sudah tahu kan VR itu apa, nah berikut ini 5 pengembangan virtual reality yang sudah bisa dinikmati.

1. Terbang layaknya Superman

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati - Sumber : www.ultravr.org

Sumber : www.ultravr.org

Penelitian di Universitas Zurich, Swiss, sudah mengembangkan pengalaman terbang layaknya burung yang paling realistis, disebut Birdly. Tujuannya untuk memberikan pengalaman kepada penggunanya tentang nikmatnya kebebasan yang dimiliki oleh seekor burung yang bisa terbang dan menjelajah angkasa.

Pengalaman ini bisa dikembangkan karena adanya teknologi VR berupa headset dan headphone. Agar dapat memberikan pengalaman terbang yang maksimal, para pengembang ini menambahkan beberapa gimmick seperti mesin hidrolik sebagai “sayap” dan penahan badan. Serta kipas angin listrik atau blower untuk memberikan sensasi tiupan angin ketika terbang.

2. Skydiving

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

Sumber : www.ultravr.org

Ini salah satu hal ekstrim yang sebenarnya bisa dilakukan tapi kita enggan karena kita enggak berani. Padahal mereka-mereka yang sudah mengalaminya mengatakan kalau ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Selain tidak berani enggak sembarangan orang juga bisa melakukan skydiving. Beberapa langkah harus dilakukan supaya kita bisa ber-skydiving.

Tapi teman-teman di Technical University Vienna (TU Vienna) sudah membuat skydiving lebih aman. Karena skydiving versi TU Vienna ini menggunakan teknologi virtual reality. TU Jump Into The Future itu lah nama yang diberikan ke wahana atau simulator skydiving yang dikembangkan dari teknologi headset VR.

Tentu saja dengan gimmick pendukung yang bisa memberikan pengalaman skydiving lebih nyata lagi.

3. Sepeda Gunung, Berselancar, dan Menjadi Pembalap

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

Sumber : www.ultravr.org

Kita semua pada dasarnya tertarik dengan namanya adrenalin. Bersepeda extreme dengan mountain bike, berselancar di Hawaii, dan menjadi supir mobil super cepat adalah tiga hal yang pastinya memberikan adrenalin luar biasa.

Karena tidak semua orang bisa merasakan pengalaman tersebut di dunia nyata, pengembang virtual reality membuat hal-hal tersebut jadi nyata. Salah satunya adalah The Ebove yang mengembangkan games sekaligus pengalaman mountain bike dengan teknologi VR.

Lain dengan Assetto Corsa yang menggabungkan antara realitas dengan virtual reality. Hal ini diperuntukan agar memberikan sensasi yang lebih nyata kepada pembalap virtual melalui gambar video asli yang dikombinasikan dengan animasi.

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

Sumber : www.ultravr.org

Sementara untuk merasakan sensasi berselancar di Hawaii, pengalaman ini dikembangkan oleh GoPro dan Facebook. Yang dibutuhkan adalah handset Samsung Galaxy dan tentunya headset VR.

4. Bermain Games

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

Sumber : www.ultravr.org

Kalau ini sudah pasti menyenangkan. Saat ini sudah banyak sekali producers games yang mengembangkan produk mereka agar bisa dinikmati dengan teknologi VR. Beberapa games yang bergenre role playing terutama menjadi salah satu pengembang terdepan yang menggandeng teknologi VR.

Salah satunya yang sudah bisa dinikmati adalah games Zombie Shooter. Aplikasi ini tersedia secara gratis di App Store atau Google Play, jangan lupa untuk menggunakan headset VR dan headphones kamu ketika bermain ya.

5. Melukis

5 Pengembangan Virtual Reality Yang Sudah Bisa Dinikmati

Sumber : www.ultravr.org

Kalau yang ini buat seniman nih yang ingin merasakan pengalaman melukis tanpa batasan. Tilt Brush merupakan aplikasi melukis yang menyediakan brush atau kuas virtual yang bisa digunakan untuk menciptakan berbagai macam gambar sesuai keinginan penggunanya.

Karena hasil gambar ini virtual dan tidak terbatas, pengguna bisa mengekspresikan karyanya tanpa batasan. Yang dibutuhkan adalah headset VR seperti HTC Vive. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat demo video Tilt Brush disini.

Dengan adanya pengembangan virtual reality ini membuat pengalaman dan imajinasi tidak terbatas. Pastinya masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan mengembangkan virtual reality. Lima hal ini hanya sedikit dari puluhan mungkin ratusan hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan virtual reality.

Tapi ke lima hasil pengembangan virtual reality ini pastinya masuk ke dalam bucket list kamu kan?

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account