Perangi Berita Hoax, Google Akhirnya Rilis Fact Check

berita hoax

Velodrome – Belakangan, netizen diresahkan oleh banyaknya berita hoax yang bertengger di berbagai mesin pencari, termasuk juga dengan Google. Salah satu search engine atau mesin pencari yang sangat populer di dunia maya.

Demi memerangi berita hoax yang sering kali muncul hingga berdampak sangat meresahkan dan tidak bertanggung jawab. Maka Google pun mengambil langkah nyata dengan meluncurkan sebuah fitur baru bernama Fact Check pada akhir pekan lalu.

Fact Check ini akan berfungsi sebagai penanda bagi setiap berita yang muncul pada mesin pencarinya, kemudian berita tersebut akan di verifikasi oleh pihak ketiga. Selanjutnya Google search akan memperlihatkan hasil kroscek dari berita tersebut.

Berita yang sudah di verifikasi akan diberi tanda benar, walau memang berita yang telah di verifikasi sekalipun belum bisa dijamin 100% benar. Namun dengan adanya Fact Check ini akan sedikit mengurangi rasa was-was dari para pengguna mesin pencari Google.

image by cdn.bgr.com

Apabila para pengguna masih merasa belum puas dengan data verifikasi yang diberikan, maka Google juga akan memberikan tautan berupa masukan yang bisa digunakan untuk membantu menentukan Hoax atau Faktanya sebuah berita.

Google sebenarnya sudah melakukan uji coba label kroscek ini tahun lalu sebelum pemilihan umum Presiden Amerika Serikat. Dan saat ini, fitur teranyar dari Google ini bisa dipergunakan di pencarian Google News dan Search dalam berbagai bahasa yang berbeda.

Baca Juga : Google Segera Luncurkan Fitur Tappable Shortcuts

Guna memperlancar fitur baru ini, Google bekerja sama dengan lembaga pemeriksa fakta non-partisan seperti halnya Snopes dan Politifact. Berdasarkan keterangan Google, komunitas pemeriksa fakta tersebut saat ini telah berkembang pesat menjadi 115 organisasi.

Meski sudah diluncurkan, ternyata kerja dari fitur anti-hoax ini masih belum sempurna. Tidak semua berita akan ditandai oleh pemeriksa fakta. Pasalnya, proses verifikasi ini relatif memakan waktu dan bahkan bisa mencapai berhari-hari sementara berita hoax bisa menyebar luas hanya dalam waktu beberapa jam atau menit saja.

Tidak hanya Google saja yang mengambil langkah yang sangat bagus untuk memerangi hoax ini, Facebook juga telah melabeli berita yang diragukan kebenarannya mulai bulan lalu namun sampai saat ini belum secara menyeluruh dirasakan oleh para penggunanya.

Sumber : bgr.com

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2018 Divertone.com - The Soul Of Inspiration

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account